Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Meminimalkan SIfat pemalu pada si kecil..

 

Featured Story

Pentingnya Kreativitas Bagi Perkembangan Anak

Tiap orang mempunyai sifat yang berbeda. Salah satu sifat yang dimiliki seseorang adalah pemalu. Rasa malu biasanya muncul pada si kecil ketika dia berada di tempat yang baru, atau bertemu orang-orang baru. Untuk hal ini Mom tidak perlu khawatir. Bahkan hal ini bisa menjadi pegangan kita bahwa si kecil kita akan mengobservasi dulu tiap lingkungan yang akan ia masuki. 

Pertama-tama, Mom perlu mencari tahu apa penyebabnya serta dalam situasi dan kondisi seperti apa si kecil merasa malu. Apakah hanya ketika di luar rumah, di saat situasi tertentu saja, dan sebagainya. Dengan begitu, Mom memiliki data akurat sebelum menangangi penyebabnya.

Selanjutnya perlahan-lahan Mom memberikan pengertian tentang segala situasi yang membuat si kecil bisa mengatasi rasa malunya tersebut. Ajari juga si kecil untuk bersikap, berperilaku, mau pun bertata krama dalam beragam situasi tertentu. Bagaimana ia belajar memulai percakapan dengan menyapa temannya. Misalnya menanyakan kabar, memuji penampilan, atau membagi makanan ringan yang dibawanya. Setelah komunikasi pertama berjalan lancar, si kecil bisa belajar mengangkat topik yang sedang hangat atau menjadi kesukaan si kecil.

Mom juga turut andil dalam membentuk kepribadiannya, Mom harus memberikan contoh yang baik bagaimana menjadi pribadi yang percaya diri dan berani, sehingga si kecil bisa menirunya. Saat berada di restoran, minta si kecil untuk memesan makanannya sendiri. atau bila ia mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan pesanan, ia bisa belajar untuk mengatakannya pada orang yang bertugas dengan sopan. 

Mom harus menjadi seseorang yang bisa menjadi tempatnya bersanding ketika si kecil melakukan kesalahan. Ingatkan padanya membuat kesalahan adalah hal yang biasa dilakukan semua orang. Namun, si kecil harus pula diberikan pengertian bahwa ada pelajaran dari setiap kesalahan yang dilakukan agar si kecil tidak mengulangi kesalahan serupa kembali.

Sifat pemalu juga bisa dihilangkan dengan mengikutsertakan dia pada berbagai kegiatan di luar sekolah. Dengan demikian bisa membantu si kecil membuat dirinya merasa nyaman dengan perasaannya, juga membantu menumbuhkan rasa percaya dirinya dengan berbagai keterampilan. Selain itu bisa membantu si kecil menemukan potensi dalam dirinya.

Ajarkan juga agar si kecil dapat memimpin dengan memberinya tugas dan tanggung jawab, seperti memimpin doa makan ketika sedang makan bersama keluarga. Dengan demikian Mom bisa memunculkan perasaan percaya diri pada si kecil. Sambil terus menyemangatinya dan tak lupa memberi pujian atas keberaniannya. Percaya diri dan tahu potensi diri akan membantunya bersosialisasi dengan baik dan mengatasi sifat pemalunya :)

 


 

Mia Triana
makasih mom infonya
Fifin Sonata
sifat malu harus dihilangkan...biar anak bisa bersosialisasi baik
Explore More

Tips Menumbuhkan Kemandirian Anak

Article- 30 Sep 2013

Tak Tepat Gunakan Gadget, Bisa Sebabkan...

Article- 13 Dec 2017

Pilihan Wisata Akhir Tahun Bersama Si...

Article- 16 Dec 2015