Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Musim Hujan

Menjelang musim hujan, Mom perlu melakukan antisipasi agar aktivitas harian tetap berlangsung menyenangkan. Mengingat, banyak hal yang perlu diwaspadai di tengah perubahan cuaca yang datang, mulai dari banjir hingga ancaman penyakit. Yuk, sambut musim hujan dengan berbagai persiapan berikut.

Featured Story

Mengobati Diare pada Anak

 

1. Siapkan payung dan jas hujan

Bicara persiapan musim hujan, tentu hal pertama yang harus dipersiapkan adalah payung. Mom bisa menyiapkan payung dan jas hujan di depan pintu rumah dan di dalam kendaraan. 

 

2. Periksa kondisi atap

Tidak mau, kan, ketika tertidur lelap di malam hari tiba-tiba terbangun karena ada air yang menetesi tubuh? Mom bisa meminta bantuan jasa tukang untuk melakukan pemeriksaan atap dan asbes. Pastikan kondisinya prima sebelum musim hujan datang.

 

3. Siapkan senter dan lilin

Pemadaman aliran listrik dapat terjadi kala hujan besar disertai angin kencang. Penyebabnya beragam, bisa karena ada kabel listrik yang rusak karena tertimpa pohon tumbang, sambaran petir, dan sebagainya. 

Maka, penerangan alternatif seperti senter dan lilin harus segera dipersiapkan. Bahkan akan lebih baik bila memiliki generator listrik, supaya keluarga tetap dapat beraktivitas walau listrik padam.

 

4. Sediakan vitamin dan obat-obatan

Berbagai penyakit khas musim hujan seperti batuk, flu, demam, diare, dan berbagai penyakit kulit siap mengancam. Sediakan obat-obatan, salah satunya OBH Combi Anak Batuk Plus Flu, dan vitamin pendukung daya tahan tubuh agar Mom dan keluarga tak mudah sakit selama musim hujan.

 

5. Periksa kondisi saluran air

Di musim seperti ini saluran air punya peran yang sangat krusial. Jika kebersihannya tak diperhatikan, Mom bakal direpotkan oleh banjir.

Supaya tak mengalami kebanjiran, Mom perlu bekerja sama dengan tetangga sekitar atau aparat kebersihan untuk memeriksa kerusakan saluran air serta membersihkannya secara bergotong-royong.

 

6. Jangan lupa cek perkiraan cuaca

Sebelum  memulai rutinitas, pastikan Mom mengecek perkiraan cuaca, baik melalui media massa atau aplikasi smartphone. Ketahui daerah mana aja yang akan turun hujan.

 

7. Periksa kondisi kendaraan

Pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Agar saat hujan lebat, kendaraan Mom bisa menerobos banjir sekaligus kemacetan hebat.

 

8. Lihat rute perjalanan

Cek rute daerah mana saja yang terkena hujan dan daerah rawan banjir. Sehingga, Mom bisa mengantisipasi dengan melalui rute alternatif untuk sampai ke tempat tujuan.

 

9. Amankan rumah dengan bahan alami

Saat musim hujan, hewan-hewan pengganggu kerap bermunculan di sekitar rumah. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan keluarga. Mom bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar untuk mengusir hewan-hewan yang tak diharapkan. 

Di antaranya, timun dan baking soda terbukti ampuh mengusir kecoak. Sementara kemangi, serai, lavender, dan minyak kedelai siap membuat nyamuk tak punya nyali untuk datang menggigit keluarga lagi.

 

10. Siapkan trik berkegiatan seru bersama anak

Di luar hujan terus? Jangan khawatir, Mom bisa melakukan berbagai kegiatan seru bersama anak di dalam rumah. Contohnya, permainan mencari harta karun, berkemah di dalam rumah, main tebak-tebakan, memasak bersama, memperbaiki mainan, dan sebagainya.

Stefani Arman
iyaa harus bnyk kegiatan didalam rumah spy anak gak BT krn hujan
Mumut Fortuna
benar sekali harus dipersiapkan karena sudah sering hujan nih
Explore More

Tips Agar Anak Berkebutuhan Khusus Jadi...

Article- 10 Nov 2017

Ajari Mereka Bersyukur

Tips & Trick- 26 Jul 2016

Mengenalkan Kembali Permainan Tradisional...

Article- 06 Dec 2016