Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak dengan 5 Cara Ampuh Ini

Setiap hari, selalu saja ada berita soal kuman penyakit serta maraknya virus dan beragam zat berbahaya yang mengancam kesehatan. Jadi wajar bila banyak Mom yang khawatir dan ngeri akan ancaman penyakit bagi tumbuh kembang buah hatinya. 

Featured Story

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Musim Hujan

 

Tapi jangan hanya fokus pada kekhawatiran saja. Sebaiknya, Mom juga berupaya menguatkan daya tahan tubuh anak agar lebih kebal dari bermacam penyakit. Lima cara sederhana ini akan membantu anak Mom menjalani aktivitas dengan perasaan bahagia berkat kondisi kesehatan yang prima.

 

Pola makan sehat

Mengonsumsi makanan bergizi dan cairan yang cukup amat penting untuk memelihara stamina supaya tetap fit. Dengan begitu, sistem imunitas tubuh akan berfungsi optimal. Makanan bergizi bisa Mom dapatkan dari buah dan sayuran segar.

Berdasarkan penelitian University of Colorado School of Medicine, Amerika, asupan vitamin yang cukup dan paparan sinar matahari pagi bisa menurunkan risiko serangan pilek hingga 40%, lho. Sinar matahari juga baik untuk kesehatan tulang.

 

Ajak aktif bergerak 

Kurangi kebiasaan anak Mom duduk di depan tv atau gadget-nya saja. Ajak anak untuk aktif bergerak, bermain atau melakukan kegiatan olahraga. Menurut riset yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine, orang yang berolahraga 5 kali seminggu bisa mengurangi risiko terserang pilek sebesar 46%.

 

Tidur yang cukup 

Supaya anak tetap sehat, perhatikan kualitas dan kuantitas tidurnya. Anak-anak membutuhkan tidur lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa. 

Peneliti dari Carnegie Mellon University di Pennsylvania, Amerika, menyatakan, cukup tidur bisa menurunkan risiko serangan flu hingga 5 kali dibandingkan mereka yang kurang tidur. Porsi tidur yang sehat bagi anak usia 3 - 12 tahun adalah 10 jam per hari. 

 

Banyak tertawa 

Ini adalah cara paling menyenangkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitian yang dilakukan di Osaka University Graduate School of Medicine menyatakan, menonton film lucu bisa meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh yang berguna membunuh kuman flu dan pilek.

 

Jaga kebersihan diri

Nah, yang satu ini juga tak kalah penting. Yuk, tanamkan kebiasaan hidup sehat kepada anak, seperti mencuci tangan pakai sabun setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum makan. 

Agar anak senang menjaga kebersihan dirinya, Mom harus mengajarkan dengan cara menyenangkan, ya!

Tri Setyaning Agustini
Selalu jaga kesehatan, dan aktif bergerak.. terimakasih tips nya..
Stefani Arman
setujuu banget sama artikelnya, banyak gerak pasti sehat :)
Explore More

Mendampingi Proses Belajar Si Buah Hati

Article- 05 Aug 2015

Memperkenalkan Anak Pada Lingkungan...

Article- 10 Jun 2016

Jangan Larang Anak Bicara dengan Orang...

Article- 22 Nov 2017