Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ajari Aturan Simple Agar Anak Mau Mengantre

Salah satu cara untuk mendisiplinkan anak adalah membiasakannya mengantre. Selain melatih kesabaran, Mom juga dapat menanamkan empati, disiplin dan menghargai waktu, yang nantinya akan dibawa hingga ia dewasa nanti. Tidak hanya di sekolah, budayakan anak mengantre saat bermain di playground, maupun tempat-tempat umum lainnya dengan cara-cara sederhana ini.

Featured Story

Tips Tanamkan Rasa Nasionalisme pada Anak

  1. Jadilah Panutan Bagi Anak
  2. Mirisnya melihat banyak orangtua kini juga tidak sabar menunggu giliran dan terkadang menyerobot antrean. Padahal jika dilihat oleh anak-anak, perilaku buruk ini dengan mudah dicontoh dan dilakukan di aktivitas sehari-hari. Jadilah panutan yang baik untuk anak, jika memang harus mengantre, lakukan dengan sabar dan menunggu dengan tenang.

  3. Tetap Tenang
  4. Kenyataannya, beberapa orang secara alami lebih sabar daripada orang lain, sementara yang lainnya tampak cepat stres saat berada di situasi yang membuatnya mengantre atau menunggu. Sama dengan anak-anak, sebagian besar tidak menyukai saat harus mengantre di supermarket, tempat makan atau terjebak kemacetan.

    Rasa gelisah dan kurang sabar yang ditunjukkan oleh Mom ternyata dapat mempengaruhi mood anak. Hindari mengeluarkan desahan, omelan atau kemarahan di hadapannya saat harus mengantre di tempat umum dan tetap jaga ketenangan diri.

  5. Berikan Penjelasan dengan Contoh yang Sederhana
  6. Anak-anak yang masih perlu mengendalikan emosi seringkali menjadi tidak sabar saat mengantre. Berikan penjelasan dengan kata-kata yang mudah dipahaminya, bahwa setiap orang harus mengantre untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Lengkapi juga dengan memberikan contoh yang sederhana, misalnya saat berbelanja dan harus mengantre di kasir untuk mendapat giliran membayar barang belanjaan.

    Mom juga dapat mengingatkannya untuk bersabar dan menunggu giliran untuk bermain atau membaca buku. Minta anak untuk membayangkan perasaannya saat ia diserobot atau direbut mainannya, tentunya ia akan merasa marah atau sedih. Jika perlu, lakukan role play, agar anak dapat menumbuhkan simpatinya dan mencoba untuk mengantre.

  7. Mengisi Waktu
  8. Tidak melakukan apa-apa saat mengantre dapat membuat anak mudah bosan dan rewel. Selama menunggu, Mom dapat mencoba menghiburnya dengan membuat lelucon dan menertawakannya bersama-sama, atau membuat permainan sederhana.

    Coba deh mengajak anak untuk mencari barang-barang dengan warna tertentu, bermain tebak-tebakan atau sekadar menceritakan kisah lucu. Jika anak mulai gelisah, ajak untuk menggerak-gerakkan anggota tubuhnya, baik itu melompat di tempat, bermain jari tangan hingga menari.

    Jangan lupa untuk memberikan pujian pada anak untuk mencoba bersabar dalam mengantre. Yuk, biasakan sejak dini mulai dari sekarang.

anita fajarwati
Disiplin dan menghargai orang lain itu penting
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Duh, Anakku Susah Minum Obat!

Article- 06 Sep 2017

Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Article- 03 Dec 2013

Ketika “Homesick” Melanda

Article- 09 Jul 2013