Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Membentuk Pribadi Anak Mandiri

Memiliki anak yang mandiri sejak usia dini merupakan hal yang diidam-idamkan kebanyakan orangtua. Namun kemandirian tidak datang begitu saja, butuh peran dari Mom dan orang-orang di sekitar anak untuk melatih sesuai kepribadiannya. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menumbuhkan sifat mandiri pada anak, seperti berikut ini.

Featured Story

Latih Anak Menyelesaikan Masalah

 

  1. Tentukan Aktivitas yang Bisa Dilakukan Sendiri
  2. Mencapai usia tertentu, anak sudah dapat melakukan beberapa aktivitas tanpa bantuan orang lain. Mom dapat melibatkan anak dalam membuat daftar kegiatan apa saja yang sudah bisa ia kerjakan. Mulai dari menyikat gigi, memakai dan melepas pakaian, mandi hingga makan sendiri. Tapi sebaiknya tetap mendampingi anak apabila suatu saat ia mengalami kesulitan.

     

  3. Memberikan Semangat
  4. Jelaskan pada anak bahwa ia kini cukup besar untuk melakukan rutinitasnya sendiri. Berikan semangat saat ia mencoba sesuatu yang baru. Untuk anak yang mudah menyerah, tunjukkan kesabaran dan tahan emosi saat ia mulai merengek dan tidak ingin melakukannya. Mom dapat memberikan bantuan seperlunya, misalnya mengikatkan tali sepatu di satu kaki dan memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan hal yang sama di kaki lainnya.

     

  5. Ciptakan Lingkungan Rumah Aman dan Nyaman
  6.  

    Bagaimana anak bisa mandiri jika terus mendapatkan teguran "jangan" atau "tidak boleh"? Untuk anak yang memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi, rumah menjadi tempat pertama baginya untuk berpetualang dan bereksplorasi. 

    Ketimbang terlalu banyak melarangnya, letakkan obyek-obyek yang berbahaya di tempat yang sulit dijangkau anak. Sebaliknya, pajang berbagai macam obyek menarik, seperti mainan, buku, perlengkapan melukis di sekelilingnya untuk memberi kesempatan seluas-luasnya dalam mengembangkan kemampuan dan mengenal hal-hal baru .

     

  7. Lupakan Kesempurnaan
  8.  

    Untuk membentuk kemandirian pada anak, biarkan anak berbuat kesalahan dan tahan keinginan untuk selalu ikut campur. Ingat bahwa ia masih kecil dan mungkin tidak bisa melakukan hal-hal sesempurna orang dewasa.

    Jangan sampai Mom memarahi anak karena menumpahkan minuman saat mencoba menuangkannya sendiri ke gelas, salah mengancingkan baju atau membuat makanan berantakan saat makan sendiri. Ini adalah proses belajar yang harus dihadapi agar jadi lebih mandiri.

     

  9. Jangan Pelit Pujian
  10.  

    Memberikan pujian atas usahanya akan membuat anak percaya diri dan melatih kemandiriannya. Apapun hasil yang diberikan, puji usaha dan kerja kerasnya saat mencoba melakukan satu tugas. Hal ini akan membuatnya makin bersemangat mencoba melakukan aktivitas secara mandiri. Selain kata-kata manis, berikan penghargaan dalam bentuk pelukan, ciuman di pipi atau hadiah kecil.

    Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan melatih kemandiriannya sejak dini. Selain membawa kebiasaan baik ini hingga dewasa, anak juga memiliki rasa percaya diri, tanggung jawab dan lebih bijak saat mengambil keputusan. Yuk, ajarkan sekarang juga! 

anita fajarwati
Yuk ajarkan anak menjadi mandiri...
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Cara Mendisiplinkan Anak

Tips & Trick- 09 Oct 2014

Bermain Peran Dapat Mengasah Empati Anak

Article- 09 Oct 2014

Bolehkan Anak Laki Menangis?

Article- 21 Dec 2016