Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ajarkan Anak Cara Mandi yang Benar

Ketika anak mulai bersekolah, ia belajar membiasakan diri bangun dan mandi lebih awal. Di pagi hari inilah kerap terjadi ‘drama’ di rumah. Mulai dari dirinya sulit untuk beranjak mandi, hingga mandinya yang tidak bersih. Kalau begitu, Mom & Dad perlu mengajarinya cara mandi yang benar.

Featured Story

Ciptakan Rumah Aman Bagi Anak dengan Beberapa Tips Ini

 

Mengajari cara mandi yang benar sangatlah bermanfaat. Apalagi mandi begitu penting karena berkaitan dengan kesehatan dan kedisiplinan. Agar anak Mom selalu bersemangat saat waktu mandi tiba, dukungan Mom & Dad sangat diperlukan. Berikut langkah-langkahnya.

 

1. Jadikan mandi sebagai kegiatan menyenangkan

Supaya ia gembira dengan aktivitas ini, tetap boleh mengajak ‘teman’ penghibur seperti bebek mainan, boneka plastik atau pistol air. Sediakan juga cermin agar ia bisa melihat kelucuansaat bagian tubuhnya dipenuhi busa sabun.

 

2. Berikan arahan singkat

Bagian penting yang harus ia bersihkan antara lain organ genital (alat kelamin), rambut, badan, lipatan seperti ketiak, juga pusar, telinga, kulit tangan dan kaki. Jelaskan dan tunjukkan bagaimana cara dan urutan mandi secara singkat agar mudah ia pahami. Mulai dari cara berkeramas hingga menyabuni anggota tubuh. Jangan lupa memberi petunjuk apa yang harus dilakukan jika busa sabun atau sampo mengenai matanya.

 

3. Jadwal tetap

Pastikan ia mandi pagi sekitar pukul 06.00 misalnya, dan sore sekitar pukul 17.00. Jadwal tetap membuat anak Mom terbiasa dengan pola yang teratur. Juga, atur waktu mandi agar ia tidak kelamaan main air. Semisal, main air 5 menit, setelah itu mandi 5 menit.

 

4. Pastikan kamar mandi aman

Sebelum mandi, pastikan lantai kamar mandi tidak licin danjauhkan ia dari pisau cukur milik Dad. Letakkan alat keperluan mandi di tempat yang mudah dijangkau oleh anak Mom supaya ia terhindar dari kemungkinan jatuh dan terluka.

 

5. Pilih perangkat mandi yang sesuai

Demi kesehatan kulitnya, gunakan produk mandi seperti sabun dan sampo yang sesuai dengan usia anak Mom. Agar ia semakin semangat, letakkan sabun dan sampo dalam wadah lucu. 

Yun Eninggar
terima kasih tipsnya sangat bermanfaat
Mumut Fortuna
tips yang sangat berguna
Explore More

Beberapa Faktor Penyebab Anak Cengeng

Article- 17 Sep 2014

Buat Acara Mandi Menjadi Seru!

Article- 24 Jan 2017

Messy Play: Asyik dan Mendidik

Article- 13 Apr 2015