Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ajarkan EQ Pada Anak Sejak Dini

Selama bertahun-tahun Kecerdasan Intelegensi (IQ) menjadi tolak ukur kepintaran seseorang. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan tantangan kehidupan di era modern, Kecerdasan Emosional (EQ) dinilai memegang peranan penting. Jika anak sejak kecil sudah diajari mengenai EQ, niscaya dia akan lebih pintar menyikapi hidup ketika sudah dewasa.

Featured Story

Kurangi kata-kata negatif ketika melarang si kecil yuk :)

 

Berikut beberapa hal yang bisa Mom ajarkan dari usia 1 tahun:

1. Memotivasi anak

Ketika dia belajar jalan dan terjatuh, keluarkan kata-kata positif "ayo bangun lagi nak. Gak papa sakit sedikit. Kamu pasti bisa". Mom cukup mengawasi hal tersebut dari jauh dan tidak perlu menolong jika anak bisa bangkit sendiri. Melatih anak menghadapi kesulitan, akan membangun mentalitas anak yang kuat, tidak cengeng, tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan


2. Ajari tanggung jawab

 Ketika anak selesai bermain, biasakan untuk membereskan mainan tersebut. Anak haus? Ajari caranya mengambil gelas dan memencet dispenser.

Memberi kesempatan mencoba dan mengajarkan kemandirian akan membuatnya menjadi pintar dalam menghadapi hidup.

 

Pada usia 2 tahun: 

1. Empati

Ketika dia memukul Mom karena dilarang naik meja kaca, Mom bisa berpura-pura nangis sambil berkata "Pukulan kamu sakit. Mom tidak suka di pukul. Coba kalo tangan kamu Mom pukul... Sakit gak? Enakan juga di peluk."

Dengan cara ini, Mom memberikan pengertian memukul itu sakit dan tidak baik. Nanti tidak ada yang mau berteman dengan dia


2. Beri pujian

 Bila anak berbuat baik, seperti mau mengalah dengan adiknya berilah pujian


3. Hargai orang lain

Membiasakan anak mengucapkan terima kasih kepada pembantu di rumah setelah diambilkan minuman atau mengucapkan terima kasih kepada teman yahg telah berbagi makanannya


4. Mengajari berbagai emosi lewat media massa

 Ketika korban banjir diliput oleh media televisi, banyak hal yang bisa Mom ajarkan. Kesedihan karena rumahnya rusak, letih karena tidak bisa beristirahat, menangis karena lapar dan masih banyak lagi.

 

Semakin sering Mom mengajarkan ilmu tentang kehidupan, anak pun akan siap mentalmya menghadapi dunia kelak.

Stefani Arman
Iyahh betul, terkadang ortu lupa yah bahwa kecerdasan tidak hanya terletak dari IQ-nya saja tapi anak pun harus dapat mengelola EQ-nya dengan baik, jika ke-2nya dapat berkembang baik maka pasti anak akan menjadi pribadi yang tidak hanya pintar tetapi juga memiliki hati yang besar, amin :)
Ramlah
Contoh teladan yang baik dari orang tua juga bermanfaat untuk anak
Explore More

Menabung, Yuk!

Tips & Trick- 26 Jul 2016

Trik Kompak Asuh Anak Bareng Dad

Article- 14 Dec 2017

Cara Membersihkan Telinga Anak

Article- 31 Mar 2017