Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Anak Doyan Junk Food? Tawarkan Saja Alternatif Sehat Ini

Baik itu sarapan pagi yang cepat, makan siang, makan malam, hingga kudapan, junk food seperti gorengan, dessert tinggi gula dan lemak, snack dalam kemasan, dan minuman manis sering dinikmati anak-anak. sayangnya kandungan junk food yang tinggi kalori, gula, lemak, dan garam dapat meningkatkan risiko obesitas.

Featured Story

Menjaga Anak Tetap Sehat

Jangan khawatir, dengan sedikit perencanaan, Mom dapat menyajikan alternatif makanan yang lebih sehat dan tak kalah lezatnya untuk keluarga.

  1. Jus Buatan Sendiri Ketimbang Jus dalam Kemasan

    Ketimbang memberikan minuman bersoda, Mom lebih memilih menyajikan jus dalam kemasan yang praktis dan manis. Sayangnya, kandungan gula maupun pemanis di dalamnya cukup tinggi, belum lagi zat-zat tambahan lainnya seperti pewarna dan pengawet.

    Ketimbang memberikan jus dalam kemasan, tawarkan untuk membuat jus buatan sendiri. Tinggal pilih buah-buahan favorit anak-anak, seperti alpukat, jeruk, pepaya, mangga, atau strawberry. Jika perlu tambahkan sayuran di dalamnya untuk meningkatkan asupan serat dan antioksidan, yang rasanya akan tertutup dengan manis buah alami.

  2. Frozen Yogurt Pengganti Es Krim

    Di tengah cuaca yang cukup panas, paling enak memanjakan diri dengan es krim yang lezat. Namun kandungan gula dan lemak di dalamnya bisa melebihi kebutuhan kalori lainnya dan jika terus terjadi tentunya akan memicu obesitas. Ganti saja dengan frozen yogurt yang lumer di mulut dan membantu mengusir gerah.

    Menurut situs healthyeating.org, yogurt merupakan sumber protein, kalsium, dan probiotik yang baik bagi kesehatan pencernaan. Pilih yang kadar gula dan lemaknya rendah, misalnya yang divariasikan dengan buah-buahan segar atau kacang-kacangan yang justru bikin citarasanya semakin lezat.

  3. Tepung Gandum untuk Alternatif Tepung Terigu

    Roti, cake, biskuit, dan pasta memang sulit dipisahkan dari pola makan anak sehari-hari. Penggunaan tepung terigu sebagai salah satu bahan utamanya dibuat dari tepung gandum yang sudah mengalami proses pengolahan, yang sayangnya justru menurunkan kadar gizinya.

    Kembali gunakan tepung gandum yang akan membantu Mom memenuhi kebutuhan biji-bijian harian. Selain membuat sendiri makanan berbahan tepung gandum, Mom juga bisa memilih produk yang menyertakan tepung gandum dalam bahan pembuatnya.

  4. Sayuran yang Dipanggang untuk Menggantikan Gorengan

    Siapa yang tidak doyan dengan gorengan yang tersaji panas untuk menemani secangkir teh hangat. Walau sering dijadikan lauk atau camilan wajib, terlalu banyak mengkonsumsi gorengan akan meningkatkan kadar lemak jenuh dalam tubuh. Belum lagi kadar nutrisinya yang hilang akibat proses pengolahan dengan suhu yang tinggi.

    Mom bisa menawarkan olahan sayuran yang sehat dan lezat dengan cara memanggangnya. Wortel, brokoli, tomat ceri, hingga paprika dapat dibumbui dengan minyak zaitun dan garam lalu dipanggang hingga kecokelatan. Selain disantap sebagai isian salad, bisa juga diolah kembali menjadi sop yang punya citarasa unik.

    Sajikan makanan pengganti junk food yang tentunya lebih sehat tapi mampu memuaskan selera keluarga, terutama anak-anak.

Explore More

Melatih Disiplin Tanpa Marah-marah

Article- 31 Mar 2017

Wisata Museum ke Museum Terfavorit di...

- 29 Jun 2012

Karakter Istimewa Anak Bungsu

Article- 30 Jan 2017