Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bawa Bekal Sendiri, Piknik Lebih Sehat

Membawa bekal sendiri ketika piknik bukan hanya akan menghemat pengeluaran, tapi juga lebih menjamin gizi dan kebersihan untuk keluarga tercinta.

Featured Story

'Bumi Perkemahan' di Dalam Rumah

 

Menu apa saja yang bisa Mom siapkan untuk bekal piknik? Pilih yang sehat, yuk, Mom!

 

1. Bekal di perjalanan

Perjalanan yang cukup panjang dapat membuat Mom dan si kecil merasa lapar. Siapkan roti dengan isi selai kesukaan. Selain akan mengganjal perut Mom sekeluarga selama di perjalanan, pilihan menu roti tentunya lebih sehat ketimbang makanan ringan dalam kemasan yang dijual di pasaran.

 

Mom juga dapat membawa camilan sebagai teman saat mengusir kebosanan dalam perjalanan. Irisan buah-buahan atau sayuran merupakan pilihan sehat, atau bisa juga mengisi wadah makanan dengan snack yang diolah dari kacang-kacangan.

 

2. Menu makan siang

Sebelum berangkat, ada baiknya Mom memasak menu yang akan dibawa. Pilih hidangan yang dapat disajikan di ruangan terbuka dan tidak cepat rusak. Hindari membawa makan-makanan berkuah yang memungkinkan bakal tumpah.

 

Untuk makan siang, yang biasanya berupa makanan berat, Mom dapat membawa bekal makanan dari bahan daging, telur, dan susu. Kemas semua bekal makanan di dalam cooler box, serta beri sedikit es batu, demi menjaga kesegarannya.

 

Jika Mom tak punya cukup waktu untuk memasak, persiapkan makanan yang praktis. Mom dapat membuat hamburger atau sandwich dengan isian sesuai selera anggota keluarga, seperti keju, daging giling atau asap, jamur, irisan tomat, sayuran, dan sebagainya. Tempatkan dalam wadah yang tertutup rapat atau bungkus di dalam plastik dengan erat.

 

Sebagai alternatif yang tak kalah praktis, Mom dapat membawa nugget atau sosis goreng serta salad sayuran. Jangan lupa sertakan saus dan sambal sebagai pelengkap.

 

3. Dessert segar

Selepas santap siang akan lebih lengkap dengan menikmati dessert. Mom boleh saja membawa cokelat untuk anak-anak. Namun, mengingat piknik di udara terbuka, buah-buah akan akan terasa sangat menyegarkan. Mom dapat menyediakan salad buah, karena biasanya anak-anak suka dengan yang manis-manis. Pilih buah seperti semangka, jeruk, melon maupun buah-buahan lain dengan kandungan air yang tinggi. Tidak ada salahnya menanyakan kepada anak, buah apa yang ia inginkan agar lebih lahap menyantapnya.

 

4. Minuman cukup agar tak dehidrasi

Selalu siapkan air minum dalam jumlah banyak di dalam wadah yang tertutup rapat sehingga tidak mudah tumpah, terlebih saat matahari bersinar terik yang akan menguras lebih banyak energi dan cairan tubuh. Keseimbangan cairan tubuh harus tetap dijaga, ya, Mom supaya tidak terjadi dehidrasi.

 

Jika ana sulit minum air putih, siasati dengan membawa jus dari buah kesukaannya, seperti jeruk, mangga, melon atau apel. Simpan jus tersebut dalam wadah favoritnya agar ia bersemangat untuk mengisi ulang cairan tubuh.

 

Masukkan bekal minuman ke dalam kulkas untuk dibawa keesokan harinya. Saat di perjalanan, masukkan minuman ke dalam cooler box yang diisi batu es sehingga minuman tetap dingin dan terasa lebih menyegarkan saat diminum.

Winda Ruwinda Ningsih
selalu...tidak hanya piknik...kemanapun saat keluar rumah bawa bekal
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Terlalu Lama Bermain Gadget, Lemahkan...

Article- 13 Dec 2017

Etika Bergaul Anak Usia 10-12 Tahun

Article- 09 Jan 2015

Mengenali Karakter Anak dan Cara Terbaik...

Article- 20 Oct 2015