Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kenali 10 Ciri Anak Cerdas

Orangtua manapun pasti ingin anaknya memiliki perkembangan kecerdasan yang optimal. Namun, untuk mewujudkannya, orangtua juga perlu mendeteksi tanda kecerdasan buah hatinya sejak dini. 

Featured Story

Cara Mudah Ajarkan Anak untuk Bersikap Baik pada Hewan

 

Mendeteksi tanda kecerdasan anak dibutuhkan untuk mengenal kelebihan yang dimilikinya pada bidang tertentu. Dari situ, orangtua dapat mengoptimalkan potensi anak dengan baik. Untuk mengetahuinya, orangtua harus memberi perhatian khusus terhadap berbagai kebiasaan anka yang tunjukkan. 

 

Tenang, ciri kecerdasan anak bisa Mom Kenali, kok. Hal ini telah dibuktikan oleh riset dari American Association of Gifted Children, Duke University, Durham, North Carolina, AS. Nah, apa saja tanda anak cerdas? Yuk, deteksi tandanya pada anak Mom.

 

  1. Memiliki konsentrasi yang baik

     

    Anak dengan konsentrasi yang baik pada bidang tertentu tak sukar dalam menguasai dan mengingat apa yang telah dipelajarinya. Kemampuan memori yang baik bermanfaat bagi perkembangan kecerdasannya kelak.

     

  2. Aktif berusaha

     

    Anak yang cerdas selalu bersemangat dan menunjukkan minat khusus. Ia selalu punya dorongan untuk mencari tahu dan aktif berusaha mewujudkan rasa ingin tahunya.

     

  3. Mampu membaca di usia dini

     

    Karena daya ingat dan upayanya tinggi, ia pun memiliki kemampuan belajar dengan cepat. Alhasil, hal itu membuatnya sanggup untuk mengembangkan literasi dan kemampuan membaca sejak dini.

     

  4. Aktif bertanya

     

    Mom mungkin sering kewalahan bila ia selalu bertanya tentang segala sesuatu. Namun, Mom seharusnya berbahagia bila ia aktif bertanya, karena hal itu menandakan kecerdasan. Rasa ingin tahu disertai minat eksplorasi yang tinggi yang membuat anak Mom menjadi penanya yang sangat aktif. Bahkan ia juga sering membutuhkan penjelasan yang sangat rinci untuk memuaskan rasa ingin tahunya itu.

     

  5. Aktif berargumentasi

     

    Gagasan dan pendapat yang sering ia curahkan terjadi karena kemampuan berpikir analitisnya berkembang pesat.  Sehingga, akan ada banyak hal yang bisa ia perdebatkan bersama Mom. Ini merupakan cara anak dalam mengekspresikan dirinya dengan baik.

     

  6. Mampu berpikir kreatif

     

    Kegemarannya akan segala tantangan saat bereksplorasi banyak menstimulasi otaknya untuk menyelesaikan masalah-masalah baru. Inilah yang membuat anak mampu menuntaskan tantangan dengan cara yang tak biasa. 

     

  7. Senang bereksperimen

     

    Dengan kreativitas yang sangat tinggi, anak pun suka mencoba melakukan berbagai hal baru, yang  mungkin cukup ekstrem.

     

  8. Senang mengamati

     

    Minat belajar yang tinggi menjadikannya pengamat yang baik. Seringkali kemampuan barunya juga diperoleh berkat konsentrasi dan rentang perhatiannya yang panjang.

     

  9. Memiliki kemampuan motorik yang baik

     

    Minat eksplorasi yang tinggi juga mengharuskan anak untuk aktif bergerak. Sehingga kemampuan motorik tubuhnya berkembang lebih cepat. Hal itu juga memudahkan ia menguasai keterampilan motorik seperti belajar merangkak, berjalan, memanjat, dan sebagainya.

     

  10. Energik

     

    Anak yang cerdas umumnya energik, penuh vitalitas, dan tak kenal lelah. Sehingga umumnya tidak mau tidur siang dan susah disuruh tidur meski sudah larut malam.

     

    Selalu gali potensi kecerdasan anak Mom dan arahkan ia untuk mendalami kegiatan yang menarik minatnya. Ingat bila anak sangat membutuhkan dorongan dan tuntunan Mom untuk berkembang.

Ahong Liau
Smoga termasuk semua kriterianya
Fitriamarieindarto Goodmorning
Sipp...
Explore More

Mom, Aku Nggak Mau Sekolah

Article- 31 Mar 2017

Pentingnya Membacakan Cerita untuk si...

Article- 24 Nov 2011

Jika Anak Mulai Suka Bermain dengan Teman...

Article- 18 Aug 2014