Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Buat Orangtua Dalam Melatih Kemandirian Anak Prasekolah

Semua orangtua pasti mengharapkan anaknya akan menjadi anak yang mandiri. Mandiri bukan dalam arti tidak membutuhkan bantuan orang lain sama sekali tetapi maksudnya adalah dengan mandiri maka kegiatan tersebut masih dapat dijalankan meskipun tanpa bantuan orang lain. Melatih kemandirian merupakan bekal yang baik untuk anak dimasa depannya sebab kita sebagai orangtua tidak mungkin akan terus bersama anak.

Featured Story

Yuk, Gerakkan Tubuhmu, Nak!

 

Jika kita ingin membangun dan mendidik kemandirian anak, salah satu unsur yang harus dibangkitkan pada anak adalah rasa percaya diri. Hal sederhana yang dapat orangtua berikan dalam membangkitkan rasa percaya diri pada anak adalah dengan menerapkan kata “aku bisa” disetiap hal yang anak akan kerjakan.

 

Beberapa tips yang dapat digunakan orangtua untuk melatih kemandirian pada anak prasekolah adalah :

 

1. Memberikan contoh sederhana bagaimana cara melakukan sesuatu. Misalnya contoh cara menggunakan alat tulis atau memegang alat makan yang benar.

 

2. Memberikan alat sederhana dan aman buat anak usia prasekolah. Misalnya dengan memberikan peralatan makan dan minum dari plastik yang aman digunakan, gunting khusus buat anak prasekolah.

 

3. Jangan bosan untuk selalu mengingatkan, atau mengajak. Misalnya mengingatkan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, mengajak anak untuk buang air pada tempatnya.

 

4. Jangan mudah menyerah dalam membimbing anak menjadi mandiri, karena setiap anak berbeda dalam kesiapannya mempelajari sesuatu yang baru, dibutuhkan kesabaran ekstra menjalaninya.

 

5. Jangan meremehkan kemampuan anak, tetapi jangan juga terlalu memuji kemampuan anak. Jika anak berhasil berbuat sesuatu yang baik berikan pelukan atau tepuk tangan buat keberhasilannya.

 

6. Tidak memaksakan anak untuk menjadi mandiri, karena kemandirian bisa terjadi jika anak sudah siap dan senang melakukannya.

Diah Pramesti
dibutuhkan kesabaran ekstra ya...namanya anak jg baru belajar
Diah Pramesti
Biasanya anak mudah patah semangat, ada baiknya kita jd pembimbing yg sll setia mensuportnya..
Explore More

Menabung, Yuk!

Tips & Trick- 26 Jul 2016

Waspadai Penyakit Khas di Musim Hujan

Article- 23 Nov 2015

Resolusi Akhir Tahun Bersama Keluarga

- 19 Dec 2012