Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Begini Cara Yang Benar Mengenalkan Uang Kepada Anak

Tahu tidak, ternyata anak mengira uang Mom dan Dad seperti air mengalir yang tidak pernah habis. Selalu ada ketika anak minta sesuatu. Jadi, segera kenalkan tentang uang dan kegunaannya dengan benar.

Featured Story

Biasakan Anak Membereskan Mainannya Sendiri

 

1. Uang Sebagai Alat Tukar

Katakan pada anak, uang bisa ditukar dengan barang . Tapi setiap barang mempunyai harga yang berbeda, misalnya besarnya uang untuk membeli permen berbeda dengan uang untuk membeli beras. Ingatkan ia untuk belanja sesuai kebutuhan saja agar uang tidak cepat habis.

 

2. Uang sebagai alat investasi

Ajarkan kalau jika uang dikumpulkan dalam celengan atau tabungan, nanti lama-lama akan menjadi banyak dan bisa dibelanjakan barang yang diimpikan, misalnya saja sepeda. Agar lebih semangat menabung, berikan celengan yang menarik dan semangati ia untuk rajin menabung.

 

3. Uang bisa habis

Anak melihat mesin ATM sebagai mesin ajaib yang membuat uang Mom dan Dad tidak pernah habis. Katakan padanya kalau setiap bulan sebagian besar uang habis untuk membayar kebutuhan keluarga. Jadi ia harus mengerti jika tidak setiap hari ia dibelikan mainan baru.

 

4. Belajar mengenal nominal uang

Ajak ia mengelompokkan nominal uang, misalnya mengumpulkan uang logam 500 rupiah, lalu 1000 rupiah, 2000 rupiah, hingga sepuluh ribu rupiah, dan seterusnya. Setelah selesai buatlah permainan tebak-tebakan tiap kelompok berapa nominalnya. Jika ia hapal, hadiahi dengan es krim agar makin semangat.

 

5. Ajari besar kecilnya nilai uang

Katakan pada anak kalau uang itu sangat bernilai dan sekecil apa pun bisa digunakan untuk membeli sesuatu. Misalnya ketika anak ingin membeli permen seharga Rp9.000,-, berikan ia uang Rp20.000,- dan tanyakan berapa kembaliannya. Ketika ia kembali temani ia menghitung kembaliannya apakah sudah benar atau belum. Ingatkan ia kalau sekecil apa pun besarnya uang harus disimpan karena bisa digunakan kembali.

Muyasaroh
nice artikel
Ahong Liau
skrg banyak anak2 kecil sudah tahu uang dan besar nominalnya...
Explore More

Bolehkan Anak Laki Menangis?

Article- 21 Dec 2016

Anak Hobi Mengatur

Article- 02 Feb 2017

Anak Wajib Lapor Ketika Bepergian

Article- 18 Aug 2014