Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Inilah Tipe Pola Asuh Yang Ampuh Menstimulasi Anak Tumbuh Cerdas

Kecerdasan anak hingga besar nanti dipengaruhi faktor lingkungan dan pola asuh yang diterimanya. Seperti apa, sih, pola asuh yang tepat agar anak Mom tumbuh cerdas? Simak, yuk.

Featured Story

Jurus Anti Bully

 

  1. Dampingi anak dalam bereksplorasi

     

    Anak-anak punya rasa ingin tahu yang besar. Aneka aspek kehidupan ingin mereka pelajari. Dari situ banyak wawasan yang diterimanya. Kelak, wawasan itulah yang membantunya dalam meningkatkan segala kemampuan diri. Supaya anak Mom memiliki pengalaman eksplorasi yang efektif, dampingi dan semangati dirinya untuk mempelajari banyak hal.

     

  2. Ikuti dan kenali minat anak

     

    Butuh waktu untuk mengetahui potensi pada diri anak Mom. Mom perlu terus menggali minatnya. Perlahan, Mom pasti bisa mengetahuinya bila sering memberikan perhatian khusus dan stimulasi yang membantu anak menemukan bermacam bidang yang disukainya. Dukungan stimulasi dari Mom punya peran besar dalam mendukung perkembangan kecerdasannya.

     

  3. Fasilitasi anak dengan bermacam buku pengetahuan.

     

    Beri dan bacakan buku secara rutin. Ini adalah faktor penting untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Dari aktivitas ini, anak Mom bisa menyerap banyak informasi yang ia butuhkan untuk menunjang kecerdasan sekaligus minatnya.

     

  4. Jadilah panutan yang baik

     

    Anak-anak gemar meniru perilaku orang lain, terlebih bila orang itu disukainya. Maka, Mom wajib menjadi role model terbaik baginya. Untuk mendukung kecerdasannya, Mom harus menunjukkan kebiasan positif dalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Membaca buku, memiliki pola hidup sehat, dan bersosialisasi adalah beberapa contoh positif yang bisa anak Mom tirukan.

     

  5. Sering berbicara dengan anak

     

    Ikatan orangtua dengan anak juga menjadi faktor yang penting. Berbekal ikatan yang baik, anak pun merasa dicintai. Dicintai dan mencintai orangtua merupakan ‘bahan bakar’ terpenting dalam hidupnya. Mom bisa berbicara tentang banyak hal, misalnya berdialog mengenai buku cerita yang Mom bacakan, aktivitas di sekolahnya, tentang temannya, dan lain sebagainya. Dialog bersamanya akan memunculkan informasi tentang apa yang ia minati maupun yang tidak disukainya.

     

  6. Beri kesempatan mengambil keputusan

    Dari hal ini, anak bisa belajar mengenai sebab-akibat serta tanggung jawab. Melatih anak untuk mengambil keputusan juga akan memicu anak untuk belajar berpikir analitis dengan merangkaikan hal-hal yang sudah dipelajari dan dipahaminya.

     

  7. Tingkatkan kesempatan bersosialisasi

     

    Untuk memperkaya pengalaman emosionalnya, anak Mom perlu banyak kesempatan bersosialisasi. Hal ini bermanfaat dalam menunjang kecerdasan emosional anak. Dengan kecerdasan emosional yang mumpuni, anak Mom punya kesiapan yang baik selama menjalani kehidupan. 

     

  8. Cukupi kebutuhan gizinya

     

    Nah, supaya kecerdasannya terstimulasi maksimal, maka upaya penunjang kebugaran dan kesehatannya juga harus Mom penuhi. Selain mengajaknya aktif bergerak, berikan ia jenis makanan brain food. Contohnya makanan sumber protein, untuk meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, berpikir, dan kewaspadaan.

Stefani Arman
Good artikel
Ahong Liau
Makasih infonya
Explore More

Anak Minder? Ini Solusinya

Tips & Trick- 21 Dec 2016

Tanggap dengan Penyakit DBD

Article- 27 Nov 2015

Mengenalkan Ramadhan pada si kecil

Article- 15 Aug 2011