Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Belajar Matematika Jadi Seru Berkat Permainan Ini

Jika ditanya pelajaran apa yang paling sulit atau ditakuti anak-anak, kebanyakan akan menjawab matematika. Dilansir dari situs parents, belajar matematika ini memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan daya ingat, mengasah konsentrasi, dan menumbuhkan kemampuan memecahkan masalah. Libatkan anak-anak dalam beberapa permainan seru dan menyenangkan ini, yang akan membantunya menyukai matematika.

Featured Story

Kecil-Kecil Sudah Pacaran? Yuk Berikan Pengertian Pada Anak

  1. Menghitung Barang-Barang di Sekitarnya

    Anak yang masih kecil seringkali suadh mengenal konsep menghitung dan itu penting karena membantu anak belajar urutan angka. Daripada memberi anak lembaran kerja di mana anak duduk tenang dan mengerjakannya, ajak ia untuk menghitung benda-benda yang ditemukan sehari-hari.

    Hitung jumlah kancing yang ada di kemejanya, jumlah buah yang dibeli di supermarket hingga jumlah tangga yang dinaiki untuk mencapai tempat tujuan. Mulailah dengan jumlah yang kecil, misalnya tidak lebih dari lima, dan tambahkan saat anak siap menghadapi tantangan yang lebih sulit.

  2. Bermain Board Games

    Bermain games sederhana yang melibatkan penghitungan bisa jadi salah satu cara seru untuk mengenalkan angka dan hitungan bergerak. Mom bisa mengajak anak bermain ular tangga dengan satu dadu dan minta ia untuk menghitung setiap dadu yang dilempar, dan harus sesuai dengan langkah yang dibuat. Tingkatkan kesulitannya menjadi 2 dadu sekaligus untuk anak yang lebih besar.

    Selain itu, bisa juga mengajaknya bermain menggunakan setumpuk kartu. Awali hanya dengan memakai 5 kartu. Secara bertahap tingkatkan jumlahnya menjadi dua kali lipat dan setiap pemain mengeluarkan 2 kartu. Jumlah tertinggi yang akan keluar jadi pemenang.

  3. Pretend Play

    Berperan menjadi orang atau profesi lain memang menjadi permainan yang seru, apalagi jika dilakukan beramai-ramai. Gunakan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan matematikanya. Misalnya saat anak ingin bermain sebagai kasir, maka minta anak menghitung jumlah barang yang dibeli dan berapa yang harus dibayarkan.

    Bermain masak-masakan juga bisa jadi kegiatan seru untuk mengenalkan ukuran suatu benda. Seperti saat berpura-pura membuat kue, minta ia untuk menimbang tepung atau menakar air yang akan digunakan.

  4. Mengenali Bentuk Geometri yang Ada di Sekitar Anak

    Tak kalah pentingnya, anak-anak perlu mengembangkan pemahaman dasar geometri. Selain melalui bentuk-bentuk yang ada di buku, Mom bisa memperkenalkannya dengan bermain balok bangunan atau mengajaknya untuk mencari bentuk-bentuk dasar di sekitar rumah. Mulai dari persegi panjang di meja, lingkaran dalam jam, atau kotak di jendela. Minta anak untuk menjelaskan bentuk, posisi, atau ukuran.

    Matematika tidak harus menjadi pelajaran yang menakutkan apalagi jadi momok. Yuk, bantu anak-anak mempelajarinya dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan.

Widia Purnawita
Yes, semua aku praktek kan pada si kecil
Explore More

Gadget Mulai Mengganggu Komunikasi...

Article- 13 Dec 2017

Latih Anak Menyelesaikan Masalah

Article- 21 Dec 2016

Cara Tepat Miliki Pola Makan Sehat dalam...

Article- 11 Feb 2018