Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Membantu Si Kecil Tidur Nyenyak Saat Batuk Flu

Featured Story

Saat Tepat Bawa Anak Demam ke Dokter

Moms, melihat Si Kecil yang biasanya ceria kini menjadi lesu karena batuk flu tentu membuat kita khawatir. Tidak hanya itu, batuk dan flu seringkali membuat tidur mereka terganggu. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara meredakan batuk flu yang bisa kita coba untuk memastikan si Kecil tetap tidur nyenyak.


  1. Pastikan suasana tidur si Kecil nyaman

 Suasana tidur yang nyaman adalah kunci. Sebuah studi dari RSAM Bukittinggi menekankan pentingnya suasana tidur yang nyaman bagi anak-anak, terutama saat mereka sedang sakit¹. Pastikan suhu kamar tidak terlalu panas atau dingin dan kurangi kebisingan di sekitarnya.


2. Berikan minuman hangat sebelum si Kecil tidur

Berikan minuman hangat pada si Kecil sebelum tidur, lalu Moms bisa siapkan segelas air di sisi tempat tidurnya untuk memudahkan si Kecil minum jika sewaktu-waktu batuk kambuh saat tidur, yang dapat membantu membuatnya nyaman dari batuk flu.

 

  3. Sesuaikan posisi bantal si Kecil saat tidur

Tidur dengan kepala berada pada posisi yang lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya dapat membantu mencegah batuk². Posisikan kepala dan leher si Kecil dengan menumpuk bantal di bawahnya. Namun tetap pastikan keamanan dan kenyamanan anak saat melakukan hal ini ya, Moms. Sesuaikan tinggi tumpukan bantal dengan usia anak terutama balita. 

 

  4. AC harus rutin dibersihkan

Jika si Kecil tidur di ruangan ber-AC, pastikan untuk melakukan pembersihan AC secara teratur. Ini penting karena AC yang tidak bersih dapat mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan².

 

  5. Bersihkan sprei, bantal, guling, dan selimut

Lakukan pencucian serta penggantian sprei, bantal, dan selimut setidaknya seminggu sekali, terutama jika si Kecil sensitif terhadap alergen².

 

6. Gunakan aromaterapi di dalam ruangan

Moms bisa juga mempertimbangkan penggunaan aromaterapi di dalam ruangan atau kamar si Kecil. Sebuah tinjauan literatur menunjukkan bahwa aroma terapi dapat meningkatkan kualitas tidur anak, memberikan efek relaksasi yang mereka butuhkan saat merasa tidak enak badan³. Banyak varian aromaterapi yang bisa Moms pilih; dari lavender, vanilla, bergamot, dan sandalwood.

 

 Kalau si Kecil susah tidur saat sedang batuk flu, coba beberapa cara mengatasi batuk dan flu di atas deh, Moms! Terakhir dan yang tidak kalah penting yaitu memberikan obat flu dan batuk yang tepat untuk Si Kecil. Namun, jika batuk tidak kunjung reda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Ingat, kesehatan Si Kecil adalah yang terpenting!


Daftar Pustaka:

 1. "Pengaruh terapi bercerita terhadap kualitas tidur anak usia pra sekolah yang menjalani hospitalisasi". Link.

 2. “Begini Posisi Tidur Saat Batuk yang Tepat”. Link.

 3. "PENGARUH AROMA TERAPI TERHADAP KUALITAS TIDUR ANAK YANG MENJALANI HOSPITALISASI: LITERATUR REVIEW". Link.

Explore More

Ciri – Ciri Anak Cerdas

Article- 06 Jun 2014

Manfaatkan Fitur Konsultasi Pada Dokter...

Article- 13 Dec 2017

Aktivitas Seru di Dalam Ruangan

Article- 23 Dec 2016