Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Mudah Ajarkan Anak untuk Bersikap Baik pada Hewan

Mengajarkan anak-anak untuk bersikap baik pada hewan merupakan salah satu pelajaran hidup paling penting yang dapat Mom sampaikan. Hal ini dapat mengajarkan mereka untuk menghormati semua makhluk hidup yang berbeda dan memperlakukannya dengan kebaikan. Banyak orang berpikir bahwa anak-anak secara alami akan ramah kepada hewan tanpa harus diajarkan, tapi itu tidak selalu benar.

Featured Story

Kecil-Kecil Sudah Pacaran? Yuk Berikan Pengertian Pada Anak

Terkadang, mereka tidak tahu bagaimana berperilaku di sekitar hewan, bahkan ada beberapa yang tidak memiliki naluri untuk bersikap lembut dan tidak semua anak memiliki teman yang memberi contoh yang baik. Mengajarkan anak-anak kebaikan kepada makhluk yang rentan membantu mereka akan mengembangkan empati untuk semua makhluk hidup, termasuk orang lain.

Orang tua memainkan peran kunci dalam mengajari anak-anak untuk bersikap baik pada hewan, dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Memberikan Contoh yang Baik

     

    Ini adalah cara yang paling mudah dan baik yaitu dengan menunjukkan kebaikan dan kasih sayang terhadap hewan melalui tindakan Mom sendiri. Ajari anak-anak bagaimana bersikap lembut pada hewan dan jelakan apa yang akan terjadi jika mereka merasa takut, cemas, berteriak, meraih atau mendekati hewan-hewan terlalu cepat.

    Tunjukkan bagaimana cara memelihara dan memegang hewan dengan cara yang benar. Ulangi terus menerus hingga mereka memahami apa yang harus dilakukan saat berdekatan dengan hewan.

  2. Perlihatkan Cara Menyentuh Hewan Peliharaan

     

    Memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu cara jitu untuk mengajarkan anak-anak untuk peduli pada makhluk hidup lainnya. Walau tergolong jinak, Mom wajib tetap waspada saat mereka berada di dekat hewan peliharaan. Perlakuan yang kasar dan kurang tepat bisa memicu perilaku agresif yang merupakan cara alami hewan untuk membela diri.

    Ulangi cara untuk memperlakukan hewan peliharaan dengan lembut. Mulai dari mengajari anak-anak untuk mengelus bulunya tanpa menariknya dengan kasar, hingga menghindari menyentuh area sensitif. Ingatkan anak-anak, terutama yang masih kecil, untuk tidak menarik ekor hewan peliharaan yang kadang membuatnya gemas.

  3. Ajak Mengamati Hewan Liar

     

    Luangkan waktu di alam, bahkan hanya di halaman rumah sendiri untuk mengamati satwa liar. Lihat di bawah batu untuk menemukan serangga hingga memperhatikan bagaimana burung atau kupu-kupu terbang di udara.

    Selain itu, bisa juga mengajak anak untuk mengamati binatang di alam liar di kebun binatang. Tunjukkan kepada anak-anak jika hewan memiliki tempat unik di dunia. Tapi hindari membawa mereka melihat hewan melakukan trik di sirkus atau di taman bermain yang akan memperkuat ide jika hewan digunakan hanya untuk tujuan hiburan.

  4. Ajarkan Lewat Buku atau Film

     

    Sebagian besar anak tertarik untuk belajar tentang hewan. Pilih buku atau film yang fokus tidak hanya pada habitat, pola makan dan ciri-ciri fisik tapi juga pada sifat sosial, emosional dan perilakunya. Misalnya simpanse yang membentuk hirarki sosial atau gajah yang bekerja bersama untuk melindungi anaknya.

Mengajarkan anak untuk memperlakukan hewan dengan baik bukan hanya mengasah kepeduliannya pada makhluk hidup lainnya, tapi juga memupuk sifat lembut yang akan dibawa hingga dewasa nanti.

Wahyu Widyantoro
Bagus
Explore More

Mengajari Anak Warna dan Bentuk

Article- 06 Jun 2014

Saat yang Tepat untuk Mengevaluasi Diri

Article- 16 Dec 2015

Lindungi Anak dari Kecanduan Gadget

Article- 12 Dec 2017