Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Seru Libatkan Anak Bersih-Bersih Rumah

Rumah bersih dan rapi mungkin hanya jadi impian bagi kebanyakan Mom. Baru selesai membereskan mainan dan alat tulis, anak-anak sudah membuat berantakan ruangan lainnya. Daripada menghabiskan waktu untuk mengomel dan berakhir sia-sia, kenapa tidak melibatkan anak-anak untuk ikut bersih-bersih rumah? Begini caranya!

Featured Story

Ide Kreatif Membuat Mainan Anak Dari Barang Tak Terpakai

  1. Memasang Timer

    Anak-anak sangat menyukai tantangan. Manfaatkan ini untuk mengajak anak membereskan mainan atau merapikan kamar. Atur timer dan ingatkan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan sebelum alarmnya berbunyi. Nantinya siapa yang paling cepat dan melakukannya dengan baik akan mendapatkan hadiah, seperti jajanan favorit atau bisa berjalan-jalan ke taman.

  2. Jadikan Permainan Menyenangkan

    Menyuruh anak-anak untuk merapikan mainannya akan jauh lebih mudah jika Mom mengemasnya dalam bentuk permainan. Lantai yang penuh mainan bisa bersih dalam sekejap dengan bantuan ember kosong dan timer. Siapa yang dapat mengumpulkan mainan paling banyak akan keluar sebagai pemenang.

    Selain itu, bisa juga menyebutkan karakteristik mainan, misalnya warna, bentuk atau namanya kemudian berlomba-lomba untuk menemukan dan memberikannya pada Mom. Cara ini bukan hanya melatih anak-anak untuk membereskan mainannya sendiri tapi juga mengasah kemampuannya.

  3. Berikan Kartu Tugas

    Buat anak yang usianya cukup besar, gunakan daftar tugas yang dapat memberitahukannya pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu di rumah. Mulailah dengan memberikan kartu indeks di satu bagian rumah lengkap dengan instruksi singkat dan sederhana. Misalnya di kamar tidur, anak dapat membantu merapikan tempat tidur, sedangkan di tempat cuci ia bisa didorong untuk memilah pakaian, mengambil pakaian bersih hingga melipat pakaiannya sendiri.

  4. Pasang Musik

     

    Pasang musik favorit anak saat sedang membantu membersihkan rumah. Atur dengan volume yang tinggi yang bikin anak-anak merasa senang saat sedang bekerja. Jika perlu, sisipkan permainan unik, misalnya berhenti sejenak saat musiknya berhenti, lomba menari atau menirukan gaya penyanyi yang paling unik dan lucu.

  5. Pemberian Hadiah

    Cobalah untuk mendukung dan menyemangati anak-anak, walaupun hasil pekerjaan anak-anak tidak sesuai dengan harapan Mom. Ucapkan terima kasih pada mereka atas usaha mereka dan berikan pujian dengan tulus meskipun eksekusinya kurang berhasil. Kemudian latih kembali dan berikan petunjuk bermanfaat yang akan memberikan lebih banyak kesuksesan.

    Hindari untuk mengulang kembali pekerjaannya, karena akan mengirim pesan pada anak-anak jika pekerjaannya tidak cukup baik. Sulit memang menahan keinginan tersebut, tapi hal ini dapat membuat mereka kecil hati dan malah enggan membantu membersihkan rumah. Toh, mereka tidak akan repot-repot belajar bagaimana melakukan tugas dengan benar dan akan bergantung padamu untuk menyelesaikannya.

    Saat mendorong anak-anak untuk ikut membersihkan rumah, jangan memasang ekspektasi terlalu tinggi dan hindari mendorongnya terlalu keras. Coba luangkan waktu untuk melakukannya selama 10 hingga 15 menit selama satu minggu dan jadikan sebagai bagian dari rutinitasnya sehari-hari.

Yeni Setiyawati
Perlu dicoba tipsnya
Explore More

Tetap Disiplin Di Waktu Libur

Article- 08 Jun 2015

Hindari: Bertengkar di Depan Anak

Article- 25 Jan 2017

Tips Mengajari Anak Sholat di Masjid

Tips & Trick- 06 Aug 2013