Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ajarkan Anak Kebiasaan Sederhana Ini agar terhindar dari Batuk dan Gejala Flu

Namanya juga anak-anak, kalau sudah bertemu teman-teman seusianya, seringkali tidak mengindahkan kondisinya yang berlarian dengan hidung berair, batuk-batuk atau bersin. tidak mungkin untuk melarangnya bermain di luar rumah, Mom bisa mengajarkan kebiasaan sederhana sejak dini untuk meminimalkan risiko tertular penyakit batuk dan flu.

Featured Story

Mom, Kenapa Aku Harus Belajar?

Memang harus bersabar dan diulang-ulang, tapi usahamu untuk melindungi kesehatan anak tidak akan sia-sia. Mulailah dengan mengenalkan beberapa kebiasaan baik seperti berikut ini.

  1. Ingatkan Pentingnya Mencuci Tangan

    Mencuci tangan merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah batuk dan gejala flu. Bantu anak membersihkan tangannya dengan sabun dan air selama 15 hingga 20 detik. Daripada menghitungnya, ajak anak menyanyikan lagu Happy Birthday. 

    Ingatkan untuk melakukannya setiap kali selesai menggunakan kamar mandi, sebelum makan, setelah bermain di luar rumah atau setiap kali tangan terlihat kotor. Bilas dengan baik di bawah air mengalir lalu keringkan dengan serbet bersih dan kering.

  2. Batuk dan Bersin ke  Siku 

    Untuk menghentikan penyebaran kuman, ajarkan untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin. Namun, sulit bagi anak untuk membawa tisu atau saputangan ke sana kemari mengingat terkadang bersin datang secara tiba-tiba. 

    Menggunakan tangan untuk menutup mulut lebih baik daripada tidak melakukan apa pun, tapi kuman lebih mudah menyebar daripada jika mengarahkan batuk atau bersin ke siku. Ingatkan kembali untuk mencuci tangan mereka setelah batuk atau bersin atau jika itu tidak memungkinkan, pembersih tangan tanpa bilas (hand sanitizer) juga bisa dimanfaatkan.

  3. Tidak Berbagi Makanan Tertentu

    Berbagi memang menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kebaikan bagi orang lain. Tapi tidak semuanya dapat dibagikan, seperti botol air minum dan makanan harus dilarang. Bahkan dengan seteguk atau gigitan kecil air liur masuk ke dalamnya. Virus dan bakteri yang hidup dalam air liur akan masuk ke dalam tubuh dan memicu infeksi, salah satunya penyakit batuk dan gejala flu.

  4. Hindari Meminjam Alat Makan dan Minum

    Selain berhati-hati dalam berbagi makanan atau minuman, terutama dari orang-orang yang menunjukkan batuk dan gejala flu, hal yang sama juga berlaku pada alat makan dan minum. Sendok maupun garpu atau botol minum maupun gelas yang digunakan oleh orang sakit akan terkena air liur yang mengandung virus dan bakteri. Jika kemudian dipakai oleh anak, hal ini bisa membuatnya tertular penyakit batuk dan gejala flu. Sebagai Mom, lindungi anak dengan bersiap-siap membawakan alat makan dan minum sendiri saat berada di luar rumah seperti sekolah atau restoran.

  5. Mau Minum Obat Ketika Sudah Terserang Batuk dan Flu

    Urusan minum obat sering jadi tantangan berat buat Mom. Ada berbagai cara yang biasanya dilakukan, mulai dari membujuk, mencampurkan dengan minuman atau makanan hingga mencekokinya.

    Jika anak mulai menunjukkan gejala batuk disertai gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat,  dan bersin-bersin, berikan obat untuk meredakannya, seperti OBH Combi Anak Batuk Plus Flu. Mengandung formula  yang sudah dipercaya meredakan batuk disertai gejala flu yang dapat menghambat aktivitas anak. Tersedia dalam rasa yang disukai anak, seperti strawberry, orange, madu dan apel, membuat obat bisa diterima anak-anak dengan lebih mudah.

    Bukan hanya membantu melindungi kesehatan dari ancaman flu, ajarkan kebiasaan baik ini yang akan dibawanya hingga dewasa.

Explore More

Tips Meningkatkan Kreativitas Anak

Tips & Trick- 21 Apr 2014

Kiat Mudah Dorong Dad Ikut Mengasuh Anak

Article- 14 Dec 2017

Makannya Daging, Minum dan Dessert-nya...

Article- 27 Nov 2015