Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Serunya Mengikuti Beragam Acara untuk Tanamkan Cinta Tanah Air dengan Tubuh yang Fit

Di era modern di mana budaya asing mulai masuk dengan cukup bebas, mungkin akan timbul kekhawatiran akan tergerusnya rasa cinta pada tanah air. Bukan hanya orang dewasa saja yang perlu memiliki rasa cinta pada tanah air untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih, tapi anak-anak juga perlu ditanamkan hal tersebut sejak dini. Mulailah dengan melibatkannya dalam berbagai kegiatan seru seperti berikut ini.

Featured Story

Aktivitas Seru di Dalam Ruangan

  1. Karaoke Lagu Nasional Maupun Daerah

    Sudah bukan hal yang aneh saat menemukan anak-anak di usianya yang masih sangat kecil lebih hafal lagu-lagu pop dari luar negeri ketimbang lagu nasional maupun daerah. Miris memang, bukan hanya kurang sesuai dengan umurnya, tapi juga mengancam nasionalisme pada generasi muda.


    Untuk mencegah hal tersebut, mulailah dengan mengajarkan lirik lagu nasional maupun daerah. Jika perlu, hadirkan lagu-lagu yang sudah diaransemen ulang sehingga terdengar lebih modern dan menarik minat anak-anak.

  2. Mengunjungi Museum

    Jika biasanya agenda akhir pekan diisi dengan mengajak anak-anak ke mall, kali ini tidak ada salahnya singgah ke museum-museum yang ada di sekitar kota tempat Mom berdomisili. Penataan barang-barang bersejarah, diorama hingga penggunaan teknologi modern dapat digunakan untuk menarik minat anak untuk belajar budaya dan sejarah Indonesia. Misalnya, mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah untuk mengenalkan berbagai budaya bangsa, Monumen Nasional yang ikonik atau berbagai museum unik di kawasan Kota Tua, Jakarta.

  3. Memasak Kuliner Tradisional

    Mengenalkan berbagai kuliner dunia yang unik dan lezat seperti Jepang, Amerika, Italia maupun Korea memang tidak dilarang. Tapi jangan sampai mengalahkan kecintaan pada kuliner khas Indonesia. Selain punya citarasa yang lezat, ada berbagai filosofi yang terkandung dari bumbu-bumbu yang digunakan maupun rumitnya proses pembuatannya.

    Jika Mom memiliki keahlian memasak yang cukup mumpuni, libatkan anak-anak langsung di dapur untuk mempersiapkan berbagai menu tradisional. Alternatifnya, ajak anak mencicipi berbagai hidangan di restoran khas Indonesia yang banyak tersebar di berbagai daerah.

  4. Menjajal Permainan Tradisional

    Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, anak-anak pun makin akrab dengan penggunaan gadget. Walau merasa cukup terbantu dalam kemudahan mencari informasi, terutama dalam proses belajar, anak-anak semakin fokus pada gadgetnya hingga melupakan serunya bergaul dan berbaur dengan teman-temannya.

    Jangan sampai mereka melupakan budaya asli Indonesia lewat permainan tradisional, seperti congklak, bekel atau gasing. Bukan hanya menambah pengetahuan, tapi juga melatih kemampuan sosialisasi dengan teman-temannya saat bermain petak umpet, bentengan hingga lompat tali.

Aneka kegiatan seru yang akan Mom lakukan bersama anak-anak tentunya dapat dinikmati jika kondisi tubuhnya sedang fit alias terbebas dari penyakit batuk dan flu. Tapi jangan langsung panik saat anak mulai memperlihatkan gejala batuk yang disertai dengan gejala flu seperti hidung tersumbat,  bersin-bersin, sakit kepala atau demam, redakan dengan OBH Combi Anak Batuk Plus Flu.

Hadir dalam 4 varian rasa yang disukai anak-anak, yaitu Strawberry, Madu, Orange dan Apel, yang membantu meredakan batuk yang disertai gejala flu. Anak-anak pun kembali bermain dan belajar dengan ceria.


Lewat beragam kegiatan sederhana ini, tanamkan sikap nasionalisme agar anak lebih mencintai tanah airnya sejak dini.

Explore More

Jangan Tunda Bawa Anak ke Dokter, Jika...

Article- 12 Dec 2017

Wisata ke Penang

Article- 22 Jul 2013

Ketika Anak Memasuki Sekolah Baru

Article- 10 Sep 2013