Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Terbaik Untuk Menurunkan Demam Anak

Saat anak demam, sebenarnya tubuhnya sedang bereaksi secara alamiah melawan infeksi. Suhu tubuh yang tinggi kala demam memperlambat pertumbuhan bakteri meupun virus. Namun ia sangat membutuhkan peran Mom untuk membuatnya merasa nyaman menghadapi peningkatan suhu tubuh yang tengah dialaminya.

Featured Story

Lindungi Anak dari Makanan Berbahan Pewarna Sintetis

 

Dr. Jennifer Shu, medical editor American Academy of Pediatrics (AAP) dan penulis buku Baby & Child Health untuk AAP mengatakan bahwa kipas angin yang tidak diarahkan secara langsung kepada anak dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Unik juga, ya?

 

Nah, berikut ini hal penting lainnya yang perlu Mom & Dad lakukan untuk meningkatkan kenyamanan anak saat mengalami demam.

 

Kompres air hangat

Lakukan kompres air hangat di lipat ketiak dan lipat selangkangan selama 10-15 menit. Ini akan membantu mengeluarkan panas tubuh melalui pori-pori kulit. 

Kompres air hangat sebaiknya dilakukan setelah pemberian obat penurun panas atau bila tak ada respon dari obat penurun panas. 

 

Pastikan anak cukup istirahat

Sambil berupaya menurunjkan suhu tubuh anak, pastikan juga ia mendapat istirahat yang cukup. Dengan istirahat, perbaikan suasana hati (mood) dan nafsu makan juga dapat semakin baik. 

Bila Mom ingin memberinya obat, tunggu saja saat ia terbangun meski jadwal pemberian obat penurun panas sudah berlalu. Sebaiknya anak juga tak mengenakan pakaian yang terlalu tebal.

 

Tingkatkan ketahanan tubuhnya

Bantu anak meningkatkan ketahanan tubuhnya melalui asupan makanan dengan kandungan alami. Ada beberapa jenis makanan kaya vitamin dan cairan yang ampuh melawan penyakit, antara lain jeruk, mangga, aprikot, apel, madu, dan sup ayam. 

Sajikan makanan ini dengan cara kreatif supaya anak berselera untuk makan.

 

Pemberian obat harus sesuai aturan

Tujuan utama pemberian obat penurun panas (antipiretik) adalah untuk membuat anak menjadi nyaman, dan mengurangi rasa nyeri. Pastikan dosisnya sesuai aturan di kemasan agar tidak justru menjadi bumerang, semisal terjadi intoksikasi (keracunan) obat karena konsumsi berlebihan.

Penggunaan kombinasi antipiretik, yakni parasetamol dan ibuprofen, tidak dianjurkan karena juga dapat menimbulkan overdosis. 

 

Kompres air dingin tak direkomendasikan

Selain tidak nyaman bagi anak, kompres air dingin juga membuat badan jadi mengigil sehingga tubuh malah meresponnya dengan meningkatkan suhu tubuh.

Mumut Fortuna
artikel yang sangat bagus sebagai panduan menurunkan demam
Muyasaroh
sesuai sekali, biasanya saya juga mengkompres si kecil pakai air hangat
Explore More

Apakah Autisme Itu?

Article- 03 Dec 2013

Hentikan Kebiasaan Berteriak Sejak Dini...

Tips & Trick- 11 Jan 2018

Makin dekat dengan Mom di event Mom...

- 27 Jun 2011