Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mom, Mengapa Temanku Berkata Yang Tidak Baik?

Suatu ketika Raisa (8 tahun) bercerita pada Mamanya “Mom, temanku Vina mengatakan padaku untuk jangan berteman dengan Mira. Kata Vina, Mira itu anak yang suka berbohong dan suka mencuri. Tapi aku senang bermain dengan Mira karena buat aku, Mira anak yang baik. Lalu aku harus bagaimana Mom?” 

Featured Story

Pilih Jajanan Sehat ya, Nak!

 

Beberapa anak akan bertanya mengapa temannya mengatakan hal yang membuatnya bingung, tetapi anak yang lainnya mungkin akan tidak perduli dengan apa yang dikatakan temannya. Mengajarkan anak untuk bisa memahami dan menghormati sesamanya akan menghilangkan kebingungan anak akan sikap temannya. Dengan demikian anak akan tahu bahwa ia dan teman-temannya mempunyai hak yang sama. Norma kesopanan tersebut akan membantu mencegah terjadinya bullying pada anak-anak.

 

Anak juga harus mengetahui kesamaan derajat antar sesama dengan tidak mendiskriminasikan orang berdasarkan kekayaan, warna kulit, pekerjaan, ras, jenis kelamin ataupun agamanya. Selalu mengingatkan anak bahwa setiap orang berhak diperlakukan sama derajatnya tanpa kecuali.

 

Tidak ada orang yang mau memperlakukan dirinya sendiri dengan buruk, jadi anak harus tahu kalau mereka seharusnya memperlakukan orang lain seperti mereka memperlakukan diri mereka sendiri. Hal tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan sosialisasi anak dilingkungannya.

 

Sebagai orangtua, kita perlu bersikap lebih tegas kepada anak. Cara membangun sikap positif pada diri anak adalah dengan menghargai anak itu sebagai seorang pribadi. Cara ini dapat memperkuat tingkah lakunya yang baik. Anak-anak memerlukan lebih banyak dorongan untuk melakukan perbuatan positif, bukan kritikan terhadap perbuatan yang negatif. Anak-anak perlu ditolong supaya tahu apa yang benar, jika melakukan kesalahan (kenakalan anak) kita tunjukkan bagaimana seharusnya yang benar untuk dilakukan. Pujian dan dukungan semangat sangat efektif dalam mendorong anak- anak untuk melakukan apa yang benar.

 

Jadilah panutan yang proaktif bagi anak-anak kita. Doronglah mereka untuk mengembangkan nilai-nilai positif: kejujuran, kesopanan, mempraktekkan kebaikan, tersenyum, dan memiliki rasa humor yang wajar. 

Yeni Setiyawati
Terimakasih penjelasannya sangat bermanfaat
Vonny Kurniati
terima kasih artikelnya^^
Explore More

Tularkan Hobi Membaca Mom Kepada Anak

Tips & Trick- 25 Mar 2014

Kilau Prestasi Hasil Bakat Anak yang...

Article- 09 Jan 2018

Tips Buat Orangtua Dalam Melatih...

Tips & Trick- 05 Aug 2014