Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Demam, Si Alarm Tubuh

“Bagaimana ini, anakku demam…” Walau demam cukup sering dialami anak-anak, namun saat anak Mom demam, rasa khawatir pasti muncul. Padahal Mom, demam adalah alarm alami dari tubuh yang bermanfaat. Berikut ini beberapa info tentang demam yang sebaiknya Mom ketahui.

Featured Story

Manfaat Membacakan Cerita Kepada Anak

 

Mengapa demam?

Gejala paling awal saat anak terinfeksi virus salah satunya adalah demam. Saat mendeteksi adanya virus, yang menyebabkan penyakit umum anak seperti pilek, flu, radang tenggorokan, dan diare, sistem imun tubuh akan  segera bekerja mengusirnya dengan mengerahkan sel darah putih. Agar kerjanya efektif, sel darah putih tidak ‘berperang’ sendirian, tapi mendapat bantuan dari pengatur suhu tubuh. Karena virus akan subur di suhu rendah atau normal, maka tubuh membentuk perisai. Otak menangkap sinyal ini dengan meningkatkan suhu tubuh (demam). 

 

Karena itu, demam bukanlah penyakit, melainkan mekanisme alami tubuh untuk mengusir dan mempertahankan diri dari serangan penyakit. Tetap tenang, agar Mom dapat mengamati apakah ada gejala lain yang mengikuti dan menanganinya dengan tepat. Demam juga bisa terjadi akibat infeksi bakteri dan memerlukan antibiotik, misalnya infeksi saluran kemih, pneumonia, dan sepsis (infeksi dalam pembuluh darah).

 

Menangani anak demam

Tidak setiap kali demam perlu segera diberikan obat. Pemberian obat penurun panas yang tidak tepat waktunya justru akan mengganggu sistem imun tubuh untuk melawan virus yang masuk. Batas demam yang sudah memerlukan obat penurun panas adalah 38,3°C. 

 

Untuk meringankan demamnya, Mom bisa melalukan ini:

1. Kompres air hangat. Usapkan kompres ke seluruh tubuh anak dan kepalanya. Mandi berendam air hangat yang suhunya 30-32°C akan lebih efektif

2. Berikan pakaian nyaman, tidak tebal, dan mudah menyerap keringat

3. Jaga agar udara dalam kamar tetap lembap dengan memasang humidifier. Beri beberapa tetes minyak esensial atau minyak kayu putih. Uapnya akan menjaga udara tetap lembap dan membuat anak nyaman

4. Asupan makanan dan minuman bergizi tetap dijaga, agar sistem imun tubuhnya bekerja maksimal.

Sri Utami Saroh
benar sekali, walaupun kelihatannya ringan, tapi sellau cemas, bingung dan khawatir kalau anak demam
Sri Utami Saroh
terima kasih info dan tipsnya min. sangat membantu sekali
Explore More

Aplikasi Seru dan Edukatif

Article- 13 Apr 2015

Begini Cara Yang Benar Mengenalkan Uang...

Tips & Trick- 26 Jul 2016

Saatnya Bermain Bersama Teman!

Article- 03 Feb 2016