Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Meletakkan Televisi di Kamar Anak

Sama halnya dengan bermacam gadget maupun produk teknologi pada umumnya, televisi juga punya berbagai manfaat sekaligus dampak negatif bagi perkembangan anak, khususnya pada balita.

Featured Story

Berapa Lama Sih Waktu Bermain yang Tepat untuk Anak? Ini Jawabannya

 

Beberapa siaran tv memang bermanfaat untuk menstimulasi anak Mom jadi lebih aktif dan cerdas. Namun, bila sejak kecil seorang anak sudah difasilitasi sebuah tv di kamarnya tentu ada dampak negatif yang diterima olehnya. Terlebih, anak usia balita belum mengerti mana tayangan yang baik dan buruk bagi dirinya.

 

Menurut Paul Veugelers, profesor di University of Alberta, Kanada, anak yang menghabiskan banyak waktu untuk menonton tv umumnya tidak mendapatkan istirahat yang cukup dan memiliki kebiasaan maupun gaya hidup yang buruk. 

 

Walau tv adalah alat yang bermanfaat, tetapi ada alasan kuat yang menjelaskan mengapa mengapa benda itu tak dianjurkan berada di kamar anak.  

 

1. Menyita waktu produktif

Televisi bisa dengan mudah menyita waktu si kecil tanpa terasa. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun mengalami kesulitan mengendalikan ketergantungan pada televisi. Bila waktu produktif anak justru teralih pada tv, maka dirinya kehilangan waktu untuk mengembangkan keterampilan sekaligus kemampuan motoriknya.

 

2. Mengganggu waktu dan kualitas tidur

Semakin lama waktu yang dihabiskan anak untuk menonton tv , tentunya akan semakin banyak dirinya kehilangan waktu dan kualitas tidur. Padahal, tidur yang cukup dan baik juga berpengaruh terhadap hasil akademik yang baik.

 

3. Menghambat keterampilan verbal dan sosial

Ketergantungan yang tumbuh kepada produk teknologi dapat menjadi faktor penghambat keterampilan komunikasi verbal anak-anak. Saat ini semakin banyak anak-anak usia sekolah yang mengalami kesulitan verbal dan kecakapan sosial akibat lebih banyak menghabiskan waktu di depan tv sejak bayi.

 

4. Gangguan belajar

Televisi di kamar tidur dapat memunculkan gangguan konsentrasi saat belajar dan kecenderungan menjadi pribadi yang pasif.

 

5. Potensi masalah kegemukan

Dengan tv yang berada begitu dekat dengan anak, di dalam kamarnya, juga akan membuatnya malas untuk banyak bergerak. Kalau sudah begini, bobot tubuhnya akan mudah naik dan berisiko memiliki problem obesitas.

Stefani Arman
iyah setuju banget deh sama mimin :)
Mumut Fortuna
bagus nih,alhamdulillah TV tidak saya tempatkan dikamar anak
Explore More

Let's Go To Universal Studios

Article- 27 Dec 2013

Tips Meningkatkan Kreativitas Anak

Tips & Trick- 21 Apr 2014

Gadget Mulai Mengganggu Komunikasi...

Article- 13 Dec 2017