Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Jangan Larang Anak Bicara dengan Orang Asing, Tapi Tanamkan Sikap Waspada

Belakangan, Mom sering mendengar kasus penculikan anak di bawah umur. Hal ini seakan menjadi alarm bagi orangtua di manapun untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga keamanan anak, salah satunya melarangnya untuk berbicara dengan orang asing. Tapi cara ini tidak sepenuhnya tepat untuk mencegahnya terhindar dari kejahatan. Sebaiknya, tanamkan beberapa hal ini sejak dini.

Featured Story

Dengarkan Curhat Anak

  1. Selalu Bersama Orangtua

     

    Sifat ramah dan supel yang dimiliki anak memang mudah membuatnya akrab dengan orang yang baru saja ditemui. Tapi sebaiknya, berikan pengertian pada anak untuk melakukannya hanya saat ia bersama dengan Mom. Hal ini untuk mencegah orang yang punya niat buruk untuk mencelakai anak saat orangtua sedang lengah.

  2. Menolak Tawaran Tanpa Pendampingan

     

    Anak mana sih yang bisa menolak mainan, makanan atau uang yang ditawarkan oleh orang yang baru dikenalnya. Bukan bermaksud untuk berpikiran buruk, tapi tidak ada salahnya Mom menanamkan sikap waspada sejak dini.

    Ajarkan untuk berkata tidak saat ditawari mainan atau makanan. Bisa juga Mom menyuruh anak untuk mengajak orang tersebut untuk meminta izin terlebih dahulu pada orangtua. Beritahukan juga untuk menolak dengan tegas dan berlari ke tempat ramai sambil berteriak minta tolong jika ada yang mengajaknya pergi, memeluk, meraba, atau memaksanya. 

  3. Menemukan Orang yang Dipercaya

     

    Kondisi tempat yang bising, padat orang, dan luas dapat membuat anak mudah terpisah dari orangtua. Apalagi jika ia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mudah bersosialisasi, dan punya hobi menghilang. 

    Daripada bersikap panik setiap kali ia hilang dari pandangan, ajarkan beberapa hal sebelum bepergian untuk meminimalkan risiko penculikan. Mulai dari mengingatkan anak pada data diri dan orangtua, menggandeng tangan orangtua saat berada di keramaian, dan mangajarinya menemukan orang yang dapat dipercaya. 

    Kalau anak termasuk dalam kategori balita, maka perbolehkan ia untuk berbicara dengan guru, ibu lain yang membawa anak, dan satpam. Sedangkan untuk anak-anak yang lebih besar, berikan penjelasan untuk meminta bantuan ke orang berseragam atau orang lanjut usia yang tampak bisa dipercaya saat terpisah dari orangtua.

    Agar anak tetap aman dari berbagai kasus kejahatan, tidak ada salahnya menanamkan beberapa hal ini saat ia terpisah dari Mom.

Mamanya Chrisna
makasih infonya
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Tips Mengajak Anak Berpuasa

Tips & Trick- 15 Aug 2011

Cara Membersihkan Telinga Anak

Article- 31 Mar 2017

Menjaga Komunikasi Dad Dengan Anak...

Tips & Trick- 24 Apr 2013