Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Makin Mudah Belajar Bahasa Asing di Rumah

Di usia anak yang masih muda, banyak orangtua yang memutuskan untuk mengajarkan bahasa asing. Tidak melulu untuk mengikuti tren parenting saja, lho, tapi belajar bahasa lain bisa memberikan banyak keuntungan. 

Featured Story

Kecil-Kecil Sudah Pacaran? Yuk Berikan Pengertian Pada Anak

Menurut Patricia Kuhl, co-director Institute for Learning & Brain Sciences di University of Washington, mengenalkan anak ke bahasa asing sejak dini dapat mengasah kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis. Selain itu, mereka juga lebih mudah memahaminya, berkat golden period yang efektif menyerap kemampuan baru. Yuk, ajarkan bahasa asing di rumah dengan cara-cara mudah ini.

  1. Libatkan Anak saat membaca Buku Berbahasa Asing

    Menjadikan belajar sebagai aktivitas yang menyenangkan tentunya akan membuat anak-anak makin tertarik dan berminat mengenal bahasa asing. Cara paling mudah adalah lewat media buku berbahasa asing. Mom dapat membeli atau menyewa buku bilingual yang disesuaikan dengan tumbuh kembang anak.

    Untuk anak yang lebih kecil, pilih buku yang berisi lebih banyak gambar berukuran besar dan warna-warni. Libatkan anak-anak saat membaca, misalnya dengan menunjuk gambar dan memintanya menyebutkan dalam bahasa asing, atau minta ia menceritakan kelanjutan kisahnya dalam bahasa asing.

  2. Dampingi Saat Menonton Film

    Selain buku, media film baik yang disiarkan lewat televisi juga dapat dijadikan alat belajar bahasa asing yang menyenangkan. Jangan lupa untuk memilih program acara yang sesuai untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, terus dampingi untuk memberitahukan cara penyebutan atau makna bahasa asing tersebut, sekaligus menghindarkan anak dari melihat program acara yang kurang tepat baginya.

  3. Menggunakan Gadget yang Sesuai dengan Umurnya

    Gadget tidak selamanya membawa efek buruk bagi anak. manfaatkan untuk mencari aplikasi atau video-video yang mengajarkan bahasa asing dengan tampilan yang atraktif. Pilih yang programnya sesuai dengan kemampuannya, dan batasi screen time sesuai dengan usianya. Untuk anak-anak yang masih kecil, batasi hanya memperkenalkan maksimal 1 jam setiap harinya.

  4. Menggunakan Bahasa Asing di Kehidupannya Sehari-Hari

    Mengajarkan bahasa baru pada anak-anak terkadang menemukan berbagai hambatan, mulai dari kurang tertarik atau mereka sudah menyerah karena menganggapnya terlalu sulit. Tapi bisa saja hal ini terjadi karena belum terbiasa menggunakan bahasa asing tersebut.

    Ajak anak untuk menggunakan bahasa asing tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Secara otomatis, mereka akan menyerapnya dan belajar bahasa asing pun jadi lebih mudah. Selain menuntut Mom juga fasih berbahasa asing, juga bisa memanfaatkan bantuan native speaker yang dapat mempercepat penguasaan bahasa tersebut.

    Menguasai bahasa asing sejak dini memang memiliki banyak manfaat, yang nantinya akan bermanfaat, terutama saat berada di bangku sekolah. Yuk, ajarkan sejak dini dengan cara jitu ini.

Explore More

Cara Ampuh Ajak Anak Bereskan Mainannya

Article- 11 Jan 2018

Sediakan di Kotak P3K

Article- 24 Mar 2015

Oops! Anak-anak Memergoki Mom dan Dad...

Article- 04 Jun 2013