Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kapan Waktunya Berhenti Mandi Bersama Anak-anak?

Ketika anak sudah menginjak usia 4 tahun dan masih merengek untuk mandi bareng, segera beri pengertian. Beri pengertian bahwa dia sekarang sudah dewasa dan sebaiknya mulai menjaga "rahasianya". Mom dapat memandikan dia, tapi tidak telanjang bersama-sama karena dia sudah tumbuh menjadi lebih besar, bukan bayi lagi. Terapkan beberapa alasan berikut agar anak mengerti :

Featured Story

Apa Saja Isi Kotak P3K?

 

Pertama, anak akan segera masuk sekolah dasar. Sehingga sudah saatnya dia belajar mandiri alias mandi sendiri.

 

Kedua , area pribadi anak dan orang tua bukan untuk saling diperlihatkan. Itu adalah rahasia masing-masing, sehinga harus di jaga. Begitu juga ketika anak mandi dengan adiknya yang berlawan jenis.

 

Ketiga,  lebih baik anak belajar mengenai alat kelamin dari saudara atau teman seusianya yang satu gender ketimbang melihat orang dewasa. Di usia 4 tahun, mulai ajari dia untuk menghargai privasi. Minta dia menutup pintu kamar mandi ketika buang air, berpakaian di kamar, gunakan handuk untuk menutup tubuhnya ketika keluar dari kamar mandi. Mengetok pintu kamar mandi, ketika di dalam nya ada orang. Begitu juga mom dan dad, harus membiasakan diri untuk tidak berganti pakaian di depan anak dan selalu menutup dan mengunci pintu kamar mandi walau kamar mandi terletak di dalam kamar tidur.

Mia Triana
makasih infonya
Maria Ulfa
aq ga pernah bareng sih, paling anak pertama+adiknya aja suka dimandiin barengan
Explore More

Saat Orangtua Tidak Menepati Janji

Article- 25 Jan 2017

Anak Cengeng? Apakah Dia Sudah Cukup...

Article- 17 Sep 2014

Bantu Redakan Batuk Pilek Anak dengan...

Article- 23 Sep 2016