Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kebersihan Pangkal Kesehatan

Lingkungan yang bersih tentu saja merupakan tempat yang ideal untuk membesarkan anak-anak yang sehat. Namun, menjaga anak agar senantiasa bersih setiap saat bukanlah perkara yang mudah ya, Mom. Apalagi mereka tengah aktif-aktifnya bermain dan mengeksplor dunia sekelilingnya. Lalu bagaimana cara Mom & Dad membuat anak tetap bersih namun sekaligus tidak mengekangnya bermain?

Featured Story

Seberapa Penting Zat Besi Bagi Anak?

 

  1. Kebersihan tubuh
    Tangan merupakan salah satu anggota tubuh anak yang paling aktif. Karena itulah, tangan pun menjadi salah satu media penyebaran penyakit yang paling sering. Jadi, selain mandi teratur dua kali sehari, ajarkan anak untuk selalu mencuci tangannya setelah bermain dan sebelum memegang makanan. Selain tangan, ajak juga anak mencuci kaki, terutama setelah dia bermain tanpa menggunakan alas kaki dan sebelum tidur. Agar lebih aman dan praktis, selalu sediakan tisu basah anti bakteri maupun sabun pencuci tangan yang mudah dibawa ke mana-mana, terutama saat sedang bermain di luar rumah bersama anak.

  2. Kebersihan makanan
    Ingin agar makanan anak selalu terjaga kebersihannya? Saatnya Mom turun tangan dengan membekalinya bento atau bekal rumahan. Tak ada yang lebih bersih dibandingkan dengan makanan rumahan, karena kitalah yang dapat mengontrol kebersihan dan tentu saja, kandungan nutrisinya. Selain lebih sehat, enak, dan hemat, makanan yang dibawa dari rumah akan mengurangi keinginan anak untuk ‘jajan’ di sekolah. Agar semangat menghabiskan bekalnya, Mom dapat berkreasi membentuk isi bekal menjadi karakter lucu, atau memberinya hiasan berupa food picks warna-warni. Ajak juga anak terbiasa memahami pentingnya kebersihan makanan, dengan mengajaknya ikut serta dalam mempersiapkan isi bekal, misalnya ikut mencuci buah dan sayur atau menghias bekal.

  3. Kebersihan lingkungan
    Mengajarkan pola hidup bersih untuk anak tak terbatas hanya untuk dirinya, namun juga lingkungannya. Untuk itu, Mom dan Dad harus menjadi contoh bagi anak. Ikut sertakan dia dalam beberapa kegiatan bersih-bersih, misalnya ikut membantu menyapu, mengelap meja atau jendela di rumah. Tak usah khawatir dengan hasil kerja anak yang kadang masih jauh dari bersih, yang terpenting adalah proses belajarnya, dan bahwa ia menikmati kegiatan itu tanpa dipaksa. Beri dia dorongan dan jangan lupa dipuji ya, Mom. Untuk anak yang lebih besar, Mom dan Dad dapat memberinya tanggung jawab lebih besar, misalnya dengan rutin menyapu dan membersihkan kamar tidurnya sendiri.
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Mamanya Chrisna
nice share
Explore More

Apa Gaya Belajar Anak Mom?

Article- 05 Aug 2015

Serunya Makanan Warna-Warni

Article- 06 May 2015

Liburan Sendiri Bikin Mandiri

Article- 08 Jun 2015