Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Yuk, Mudik Menyenangkan Bersama Si Kecil!

 

Featured Story

Apa Saja Isi Kotak P3K?

Tradisi mudik yang sangat lekat dengan  hari raya Idul Fitri di Indonesia, selalu menjadi momen yang di tunggu semua orang.  Ada yang memilih mudik menggunakan jalur udara, air & darat. 

Apapun pilihan mom untuk mudik, perjalanan mudik sangat melelahkan. Karena padatnya arus lalu lintas hingga menyebabkan kemacetan serta waktu perjalanan yang lebih lama hingga jumlah penumpang yang sangat padat.

Mengingat hal ini, agar perjalanan mudik mom bersama si kecil menjadi perjalanan yang menyenangkan alangkah baiknya jika mom mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih detil.

Masalah yang sering muncul pada si kecil jika melakukan perjalanan luar kota yang memakan waktu berjam-jam dan macet menghiasi perjalanan  adalah mabuk darat, laut maupun udara serta rasa bosan hingga timbulnya tantrum.

Perjalanan dengan mobil, kereta, kapal laut atau pesawat yang bergerak terus menerus dan terkadang tidak stabil, memicu rasa mual dan pusing sehingga memicu muntah atau mabuk. Tanda-tanda si kecil mulai mengalami mabuk saat perjalanan, bisa terlihat dari warna kulit wajahnya yang pucat dan berkeringat cukup banyak. Sebaiknya mom selalu menyiapkan kantung plastik untuk berjaga-jaga supaya ketika si kecil ingin muntah dan Mom bisa langsung bertindak.

Ada beberapa kegiatan yang bisa memicu timbulnya rasa mual, seperti : membaca,  menonton & berlari-lari (jika menggunakan kereta/pesawat). Hal itu terjadi karena goncangan kendaraan yang tidak stabil selama perjalanan memicu konflik sinyal saraf dari mata ke otak, serta menggangu mekanisme keseimbangan di telinga.

Jika si kecil mulai terlihat lelah dan bosan, segera menepi dan menghirup udara segar. Cara lain yang cukup efektif adalah tidur. Dengan si kecil banyak istirahat, tubuhnya jadi tetap fit dan waktu perjalanan terasa lebih singkat bagi dia.

Ciptakan suasana nyaman bagi si kecil dengan beberapa permainan ringan. Seperti  menghitung jumlah motor di jalan, mencari bentuk dasar seperti lingkaran di sepanjang jalan atau bernyanyi lagu anak-anak yang riang.

Bawa beberapa permainan favorit si kecil dan bantu dia memilih permainan yang tidak membahayakan selama perjalanan. Seperti papan tulis magnet, boneka favorit, robot kecil atau buku mewarnai & pinsil warna.

Selain permainan, coba libatkan anak-anak dalam persiapan jelang perjalanan mudik. Mulai dari mengemas pakaian, berbelanja kudapan ringan sepanjang perjalanan, memilih musik yang menjadi favorit masing-masing anggota keluarga hingga menemani ayah ke bengkel untuk mengecek mobil yang akan digunakan mudik.

Isi hari-hari menjelang perjalanan mudik dengan cerita seputar kota yang akan di kunjungi, masa kecil mom / ayah  di kota tersebut dan sodara yang akan di temui .

Dengan mom sering bercerita seputar mudik, semoga si kecil mom akan lebih siap dan bersemangat menyambut perjalanan mudik ini. Persiapan yang matang membuat perjalanan menjadi lebih nyaman bagi semuanya. Selamat mudik mom :)

 

Mia Triana
IYA MOM ANAK Q TKG MABUK PERJALANNAN,PALING AQ SURUH TIDURAN AJA ,BIAR NGAK MUAL
Fifin Sonata
anak saya tidak pernah mabuk..baik naek bis,pesawat ataupun kereta api...buat dia fun ajjja
Explore More

Go Green Tips untuk Mom dan Anak Saat...

Article- 24 Jan 2017

Nutrisi Tepat untuk Anak Aktif

Article- 04 Sep 2015

Cara Terbaik Untuk Menurunkan Demam Anak

Article- 05 Oct 2016