Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Melatih Anak Menyiapkan Perlengkapan Menginap Sendiri

Musim liburan menjadi momen yang pas untuk anak balita keatas melatih kemandirian berpisah dengan orangtua dengan menginap di rumah saudara. Mulai dari menginap di rumah sahabatnya, sepupu atau camping sekolah. Dengan catatan, ada orang dewasa yang siap menjaga dan mengawasi.

Featured Story

Lindungi Keselamatan Anak di Luar Rumah dengan Tips Jitu Ini

 

Pilihan yang aman untuk balita adalah rumah sepupu atau saudara yang dia akrab dan jarak rumah tidak terlalu jauh. Hal ini untuk memudahkan ketika di tengah malam anak tidak bisa tidur karena “home sick”. Dengan menginap, anak belajar bagaimana menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungannya. Karena setiap keluarga mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda. Anak pun juga dapat belajar memahami bagaimana rasanya hidup bersama orang lain terutama ketika anak harus bertahan dalam situasi yang tidak membuat dirinya senang. Misalnya anak Mom adalah anak tunggal, lalu dia menginap di rumah sepupunya yang 4 bersaudara. Dia pun akan belajar berbagi dan saling menjaga. Anak pun jadi lebih bertanggung jawab dan percaya diri karena diberi kepercayaan oleh Mom untuk belajar “tinggal beberapa hari” dengan orang lain. Secara tidak langsung pun, anak memahami apa arti kemandirian.

 

Sebagai bagian dari pembelanjaran mandiri, Mom juga dapat mempercayakan anak untuk menyiapkan peralatan menginapnya sendiri seperti baju ganti, handuk, sikat gigi dan pastanya, sandal dan lainnya.

 

Ada beberapa anak yang malas menyiapkan sendiri perlengkapannya, tetapi tidak ada salahnya jika mereka bisa belajar mandiri dengan menyiapkan sendiri perlengkapan menginapnya, sebab dengan menginap saja tanpa didampingi orangtuanya sudah merupakan bagian dari belajar mandiri. Jika dia tipe yang sembrono, buat cek list dan minta dia mengikuti jadwal tersebut. Cek list bisa jadi sarana bagi Mom untuk membantu anak tapi tidak terlibat dalam prosesnya. Membuat dia mandiri, namun tetap mengawasi dan memastikan peralatannya tidak ada yang tertinggal. Mom pun bisa mengecek ulang kelengkapan perlengkapan anak sebelum berangkat, serta mengingatkan bahwa barang bawaan mereka adalah tanggungjawab mereka untuk menjaganya. 

 

Ketika hendak berlibur keluar kota sekeluarga dengan anak-anak, tidak ada salahnya Mom juga melibatkan anak berpartisipasi dalam menyiapkan perlengkapannya. Mom bisa menawarkan 1 koper besar untuk menyimpan berbagai peralatan anak-anak Mom semua. Sehingga mereka pun belajar saling berbagi, saling mengingatkan dan bertanggung jawab atas barang bawaan mereka. Selamat melatih kemandirian Mom.

Vonny Kurniati
Wah iya nih, harus mulai diajarkan ya, jadi bukan kita terus yg menyiapkan^^
Pysek Byronk
kalau ia ikut mempersiapkan perlengkapannya pasti ia lebih semangat ketika diajak berpergian
Explore More

Tips Bagi Anak Dalam Menjalin...

Tips & Trick- 10 Sep 2013

Yuk, Latih Anak Memahami P3K Dasar Sejak...

Article- 23 Sep 2016

Ajak Anak Menikmati Wisata Edukasi, Seru!

Tips & Trick- 06 Dec 2016