Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kebiasaan Baik Membuahkan Anak Berkepribadian Baik

Mom dan Dad pasti sudah sering mendengar dan mengalami sendiri betapa mudahnya anak-anak mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Karena itu, sebagai orangtua, kita harus berkaca dan terus memperbaiki diri agar bisa menjadi contoh yang baik bagi anak.

Featured Story

Keluarga, Pembentuk Pendidikan Informal Terbaik

 

Berikut ini adalah 5 kebiasaan baik yang perlu dilakukan orangtua setiap hari kepada anak :

 

1. Tidak membuang sampah sembarangan

Menjaga kebersihan lingkungan adalah kewajiban semua orang tanpa kecuali. Didiklah anak Mom dan Dad sejak dini untuk mencintai kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempatnya.

 

2. Hidup bersih

Mintalah mereka untuk mau bertanggung jawab terhadap ruang pribadinya. Cara ini bertujuan untuk mendisiplinkan anak supaya mereka mencintai kebersihan. Jika saja setiap anak telah terbiasa hidup dengan bersih maka ketika dia tumbuh dewasa nanti dia akan segan untuk membuat kotor.

 

3. Memilih makanan sehat

Mengajarkan pada buah hati agar selalu selektif dalam memilih makanan yang akan dia konsumsi dan ini dapat menghindarkan mereka dari menderita penyakit yang tidak diharapkan. Ajarkanlah pada mereka bahwa makanan sehat yang akan dia konsumsi berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuhnya. Jika sedari kecil anak telah terbiasa mengkonsumsi makanan sehat maka dia akan mudah untuk menolak mengkonsumsi makan-makanan yang dapat membahayakan tubuhnya.

 

4. Menghormati orang tua

Katakan betapa membahagiakannya melihat anak yang berbakti pada kedua orang tuanya. Hal tersebut tidak mustahil terjadi seandainya kasih orang tua tercurah dengan tulus kepada setiap anak-anaknya. Anak-anak akan selalu mengenang perbuatan kasih orang tuanya, dan tidak akan kuasa menolak untuk membalasnya suatu hari nanti.

 

5. Mematuhi peraturan

Agar hidup dengan tertib semua orang yang hidup di dunia ini haruslah mematuhi peraturan, baik itu peraturan tertulis dan tak tertulis. Di dalam rumah Anda dapat mengajari anak-anak Anda untuk mematuhi peraturan. Buatlah peraturan-peraturan sederhana, seperti: bangun pagi, olahraga sebelum beraktivitas, mengosok gigi sebelum tidur, membersihkan rumah, tidak melewati jam malam, dan sebagainya. Ajari juga mereka peraturan-peraturan yang berlaku di dalam masyarakat, seperti: mematuhi peraturan lalu lintas, tidak kencing sembarangan, mengetok pintu dan mengucapkan salam sebelum bertamu ke rumah tetangga, dan sebagainya.

 

6. Minum obat saat sakit

Hal yang juga perlu dicontohkan Mom dan Dad adalah mau meminum obat saat sakit. Kadang anak suka menolak minum obat selain karena sedang tidak enak badan, juga karena rasanya yang biasanya pahit. Ajarkan bahwa dengan meminum obat kondisi badan akan segera sehat dan dapat beraktivitas kembali.

Yuliana Chandra
Yuukk mulai kebiasaan baik, menjadi contoh yg baik buat anak-anak kita
Bunda SYaffa
mari mulai dari sekarang juaga, utuk kebakan anak2 kita
Explore More

5 Cara Mudah Menelusuri Minat Anak Sejak...

Article- 31 Oct 2016

Mom, Aku Nggak Mau Sekolah

Article- 31 Mar 2017

Tips Mudah dan Murah Kelola Stres yang...

Article- 11 Feb 2018