Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kegiatan Seru di Alam Terbuka

Daripada merasa bosan dan terus bermain dengan gadget, tidak ada salahnya lho Mom, untuk mengajak anak-anak menghabiskan waktu di alam terbuka. Selain memberikan manfaat bagi kesehatannya, aktivitas ini juga menambah ilmu dan menumbuhkan rasa peduli pada alam sekitarnya.

Featured Story

Anak Juga Butuh Me Time Sebagai Selingan Belajar

Ada beberapa pilihan kegiatan yang dapat membuat anak semakin dekat dengan alam, seperti berikut ini.

  1. Mengeksplorasi Lingkungan Rumah

    Tidak perlu jauh-jauh mengenalkan anak pada alam, mulailah dari lingkungan rumah. Selain bermain di taman yang ada di halaman, Mom juga bisa mengajak mereka menghabiskan malam di bawah kemah. Rasakan pengalaman serunya tidur di bawah bintang-bintang, makan malam bersama di depan api unggun, dan tidur ditemani iringan suara serangga.

    Pilihan kegiatan ini cocok bagi keluarga yang tidak punya banyak waktu untuk berlibur ke luar kota atau menyukai kepraktisan. Mom tidak perlu mengemas banyak barang bawaan dan dapat menghemat uang untuk liburan selanjutnya.

  2. Taman Kota

    Kebutuhan warga akan area ruang terbuka kini diwujudkan dalam bentuk taman atau hutan kota. Tidak perlu jauh-jauh memacu kendaraan, Mom dapat mengajak keluarga bersepeda atau berjalan kaki untuk menuju ke sana.

    Ada banyak aktifitas yang dapat dilakukan setibanya di sana, misalnya mempelajari tumbuhan yang ada, menikmati udara segar dan sinar matahari pagi hingga memberi makan burung-burung yang sengaja dibiarkan terbang bebas.

    Mom juga dapat membawa keranjang piknik dan menikmati sarapan maupun makan siang di taman kota. Setelah itu, jangan lupa untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, sesuai dengan jenisnya, baik itu sisa makanan, plastik, maupun kertas pembungkus.

  3. Belajar Bertani atau Beternak

    Bosan mengajak anak menghabiskan akhir pekan di pusat perbelanjaan, kenapa tidak mencoba mengajaknya ke wisata alam, yang menyediakan pengalaman bertani atau beternak.

    Di sini, anak-anak akan diajarkan bagaimana belajar berkebun, mulai dari mempersiapkan lahan, menyemai bibit, hingga memanen hasil kebun. Sedangkan untuk area peternakan, anak-anak dapat membantu memberi makan, memerah susu, hingga berinteraksi langsung dengan hewan-hewan ternak di area yang cukup luas.

  4. Trekking

    Ingin kegiatan alam yang lebih menantang? Ajak anak untuk mencoba melakukan trekking, baik di bukit yang tidak terlalu terjal, area air terjun, hutan bakau, atau pantai. Pastikan kondisi fisik anak dalam kondisi prima dan nyaman melakukannya, misalnya dengan membantu memilihkan pakaian dan sepatu yang tepat. Mom dapat menghirup udara segar, melihat pepohonan, bahkan melihat hewan-hewan yang bisa ditemui selama perjalanan.

    Lewat beberapa pilihan kegiatan ini, Mom sudah tidak bingung lagi menentukan tujuan liburan kali ini. Selamat berlibur!

Widia Purnawita
Wah seru juga ya trekking bareng si kecil,blm pernah coba :)
Fitriamarieindarto Goodmorning
Perlu dicoba nih
Explore More

Tips Mengembangkan Kreativitas Anak

Article- 28 May 2014

Kiat Ajarkan Anak Bersepeda Roda Dua

Article- 14 Dec 2017

Peran Gadget Dalam Meningkatkan...

Article- 28 May 2014