Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Keluargaku, Sahabatku

Bagi anak, Mom dan Dad merupakan teman pertama yang tak tergantikan. Dari kita lah anak pertama kali belajar berkomunikasi dan bersosialisasi. Bagaimana cara kita untuk bisa menjadi sahabat terbaik anak? Berikut tipsnya.

Featured Story

Aktivitas Penghilang Stres yang Efektif Buat Anak

 

1. Menjadi sahabat bagi pasangan

Ayah Edy, pakar pendidikan anak yang terkenal dengan gerakan “Strong from Home-nya” mengungkapkan bahwa untuk menjadin sahabat anak, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjadi sahabat bagi pasangan kita. Mengapa? Bersahabat dengan pasangan akan mempermudah kita untuk mendiskusikan serta memadukan dan mencari solusi. Jika kita tidak dapat bersahabat baik dengan pasangan kita, bagaimana kita akan menjadi sahabat anak?

 

2. Mengubah pola asuh

Untuk menjadi sahabat anak, kita harus menjadi orang yang “mudah didekati” oleh anak. Untuk itu mengubah pola asuh adalah cara pertama bagi kita untuk menjadi sahabat anak.

Biasakan untuk mendengar pendapat anak sebelum kita mengatakan jangan atau tidak. Berikan argumen yang tepat bila Mom dan Dad memang tidak menyetujui pendapatnya.

 

3. Mengerti dan memahami karakter anak

Anak-anak memilih teman-teman mereka sebagai sahabat, karena merasa teman-teman merekalah yang memahami dan mengerti mereka. Untuk itu agar anak-anak kita mau menerima kita sebagai sahabat, maka penting bagi kita untuk memahami dan mengerti mereka.

 

4. Terimalah anak dengan segala potensinya

Penerimaan Mom kepada anak, akan menjadi kunci keberhasilannya. Anak yang merasa diterima oleh orangtua, akan tumbuh dalam kondisi nyaman dan penuh percaya diri. Saat anak merasa dirinya selalu dipermasalahkan oleh orangtuanya, yang terjadi adalah pemberontakan.

 

5. Jadilah pendengar yang baik 

Menjadi sahabat yang baik, artinya selalu siap mendengarkan keluhan dan cerita anak-anak. Berikan respon yang positif saat anak-anak bercerita atau tengah curhat, karena dengan respon itu membuat mereka mengerti bahwa Mom tengah memperhatikan pembicaraannya. Ajukan berbagai pertanyaan ringan seputar ceritanya, namun jangan sampai membuat mereka merasa diinterogasi dan tidak nyaman.

Ahong Liau
semoga aku bisa menjadi sabahat anak-anakku...
Yun Eninggar
mudah2an seluruh anggota keluargaku begini, merasa saling bersahabat
Explore More

Olahraga Seru dan Sehat untuk Anak

Article- 31 Mar 2017

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan...

Article- 07 May 2014

Mari menabung sejak dini

Article- 12 Mar 2012