Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Makna Dibalik Sebuah Hadiah

12 bulan sudah terlewati dalam hidup dan tahun akan berganti. Berbagai perayaan dibulan Desember, terhampar di depan mata. Bahkan perayaan di Mall dengan godaan discount akhir tahun sungguh menggiurkan. Ketika orang dewasa saja tergoda, apalagi dengan si kecil? Yang ketika berjalan – jalan di pusat pertokoan lalu melewati took mainan favoritnya. Apakah si kecil biasanya akan merayu mom untuk memasuki took tersebut? Jawaban paling seringnya adalah iya.

Featured Story

Cepat Sembuh, Yaa


Namun ketika berada di toko tersebut, akan lebih baik jika Mom bias mengontrol dan mengarahkan si kecil agar memilih mainan yang sesuai dengan umur dan fungsi mainan tersebut untuk perkembangan si kecil.


  • Untuk si kecil yang berumur 1 tahun, pilih boneka berukuran sedang dan tidak terlalu banyak bulu agar aman ketika dia memasukkan boneka tersebut ke dalam mulutnya
  • Untuk si kecil usia 2 tahun. Dia sedang mengembangkan kemampuan motorik dan koordinasi otot besar. Sehingga mom bias memilih mainan yang dapat ditarik dan didorong
  • Untuk si kecil usia 3 hingga 5 tahun, Mereka sudah mulai suka eksplorasi dunia orang dewasa dan play pretend . Mom bisa memilih mainan yang serupa dengan kegiatan mom, seperti mainan kompor dan masak-masakan untuk perempuan. Untuk anak lelaki mom bisa memilih kostum pemadam kebakaran beserta mobil miniatur pemadam kebaran sebagai alternatif kado. 

Alangkah baiknya jika si kecil dalam mendapatkan hadiah tersebut, melakukan sesuatu perjuangan untuk mendapatkan hadiah tersebut. Misalnya untuk anak usia 3 tahun, Mom bias menerapkan  “proses membeli”. Ketika si kecil ingin suatu mainan yang seharga Rp 500.000 dibulan Maret, maka mom bias bilang mom akan belikan mainan itu di bulan Desember dengan syarat si kecil juga menabung dan partisipasi untuk biaya tersebut. Bukan berapa nominal uang yang bias si kecil kumpulkan, tapi proses untuk membeli mainan tersebut akan lebih mendidik dia. Mulai dari bersabar, menghargai uang dan si kecil juga akan lebih menghargai mainan itu karena dia mendapatkannya dengan perjuangan. 

Dan ketika si kecil sudah tambah dewasa, hal ini juga akan mendidik dia untuk lebih menghargai hal – hal lain dalamhidup dan menjadi anak yang tangguh. Selamat menikmati akhir tahun yang indah mom ..


Fifin Sonata
hadiah diberikan diberikan setelah adanya usaha dari si kecil dan kita yang menyemangati
Fifin Sonata
infonya bagus untuk diterapkan..makasih
Explore More

Tips Membuat Si Pemalu Menjadi Pemberani

- 19 Mar 2014

Resolusi Sehat untuk Sang Buah Hati

Article- 16 Dec 2015

Kapan Sebaiknya Orangtua Berganti Peran...

Article- 26 Feb 2014