Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Marah Bukanlah Membentak

Berbuat salah adalah bagian dari pelajaran. Tanpa berbuat salah, anak tidak belajar mengenai sebab akibat dalam kehidupan. Namun jika Mom sering memarahi ketika anak berbuat salah, dia akan cenderung takut dan tidak berkembang karena tidak berani mencoba hal baru. Memarahi anak bukan berarti Mom boleh berkata sembarangan serta membentak. Ketika Mom diliput emosi, tempramen cenderung meninggi. Padahal berbicara keras kepada anak sama buruknya dengan memukul. Sebaiknya jangan menghakimi anak atau membentak dan menakuti anak dengan teriakan. Karena anak akan cenderung balas berteriak serta tidak belajar dari kesalahannya. 

Featured Story

10 Ide Untuk Akhir Pekan Seru di Sekitar Rumah

 

Berikut beberapa tips:

 

1. Bertanya 

Kenapa dia melakukan hal tersebut? 

 

2. Gunakan bahasa deskriptif

Mom lihat kamu belum selesai makan, tapi malah asik nonton televisi. Ayo habiskan dulu makannya, baru nonton televisi

 

3. Gunakan suara rendah dan bicara dengan level sejajar

Suara rendah lebih ampuh dalam melakukan perintah daripada nada tinggi dan perintah

 

4. Ketika lelah, sembunyi 15 menit

Mom juga manusia yang mengenal lelah dan suntuk di hari yang cerah sekalipun. Agar mood Mom yang buruk tidak terbawa ketika berhadapan dengan anak, bersembunyilah sejenak dan lakukan hal yang Mom senangi. Misalnya browsing, chatting dengan teman, mandi atau dengarkan musik sambil minum minuman favorit

 

5. Ingat usianya

Ketika anak umur 6 tahun kesal dan membanting pintu, tegur dia setelah emosinya mereda. Dan berkata: Apakah sopan menurut kamu membanting pintu di usia kamu yang sudah berumur 6 tahun?

 

 

Sebagai wanita, kadang tempramental memang susah dikendalikan. Namun hal ini bisa Mom kontrol dengan bersabar dan pintar mengelola emosi. Jika sudah melewati batas, lebih baik rehat sejenak dan colling down.

Stefani Arman
Hehehehe iyah Min apalagi kalau pas dateng bulan rasanya dobel2 deh emosinya, setelah baca artikel ini jadi lebih bisa mengendalikan emosi yg meledak2, trims Minsay ^_^
Vonny Kurniati
lagi-lagi diingatkan nih, kadang2 masih lupa juga >.<
Explore More

Kebutuhan utama untuk mengembangkan...

Article- 07 May 2014

Permaianan Ular Tangga

Article- 07 May 2014

Kegiatan yang Dapat Mengembangkan...

Article- 07 May 2014