Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mendengarkan Dengan Empati

Featured Story

Diskusi agar Anak Lebih Berprestasi

Mendengarkan dahulu, baru di dengar. Pusatkan perhatian dahulu, baru diperhatikan. Sediakan waktu dahulu baru bisa Mom menjalin komunikasi dengan anak secara efektif. Berusaha mengerti terlebih dahulu merupakan hal yang tidak lazim untuk dilakukan semua orang, karena diluar kebiasaan. Seringnya Mom berkata "apa sih maunya anak ini. Kenapa dia gak ngerti kalo aku capek ngikutin jalan nya dia".

 

Bagaimana anak bisa mengerti jika Mom tidak berusaha mengerti dia terlebih dahulu. Padahal agar anak bisa mengerti aturan yang Mom terapkan, Mom harus bisa mengerti dahulu apa kendala anak. Kenapa dia melanggar peraturan Mom. Misal, anak harus pakai helm ketika naik motor ke sekolah. Tapi seringnya helm hanya ditaruh pada depan motor dan yang menggunakan helm hanya tukang ojeg. Coba cari tahu kenapa anak menolak. Apakah karena udara yang panas, ribet, atau bentuk helm yang membuat pipinya tertekan sehingga anak tidak nyaman.

 

Cobalah untuk mendekati anak dan bicara dari hati ke hati dengan perasaan mendalam dan sampaikan bahwa Mom mencoba melihat permasalahan dari sudut pandang anak. Mendengarkan secara empati maksudnya mendengarkan dengan menggunakan perasaan serta waktu yang lenggang agar Mom bisa ngobrol seru lagi.

 

Mengerti terlebih dahulu adalah prinsip yang benar dan sangat dibutuhkan dalam menjaga kedekatan Mom, Dad serta anak-anak. Pada akhirnya, anak akan belajar untuk mendengarkan kata-kata Mom.



Vonny Kurniati
Yup, betul sekali, jadi jangan langsung menghakimi anak kl berbuat salah ya^^
Diah Pramesti
benar sekali...dgn menempatkan diri pd posisi anak, kita akan lbh mudah memahami perasan & kemauan si anak
Explore More

Mengasah Kemampuan Sosial Anak...

Article- 10 Nov 2017

Permainan Seru Tidak Harus Mahal

Article- 27 Feb 2017

Warna Membantu Anak Lebih Ekspresif

Article- 11 Feb 2014