Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengajari Anak Etiket Makan Sejak Dini

Apakah anak kita sering bertingkah “memalukan” saat diundang makan di rumah teman atau kerabat? Atau mungkin anak tidak bisa diam dan minta diajak jalan-jalan ketika makan?

Featured Story

Mom, Kenapa Aku Harus Belajar?

 

Anak sebenarnya belajar dari mengamati. Setiap anak mempelajari kebiasaan makan sejak kecil. Jika sudah sejak usia dini diperlihatkan bagaimana perilaku makan yang baik, anak akan mulai belajar dengan sendirinya dan mulai meniru apa yang orangtuanya lakukan, misalnya mencuci tangan sebelum makan dan mengunyah makanan tanpa berbunyi.

 

Jika kita bertanya pada anak “Kak/Dik, coba Bunda tanya, kegunaan meja makan itu apa?” anak pasti akan segera menjawabnya. Secara umum, tempat yang paling baik untuk makan adalah di meja makan. Membiasakan anak makan di meja akan akan lebih baik daripada membawa anak makan sambil jalan-jalan. Waktu makan memang hanya untuk makan dan merupakan saat yang menyenangkan bagi anak dan orangtua karena bisa berkumpul bersama di meja makan, tidak sambil menonton televisi atau membaca koran/majalah.

 

Untuk anak dibawah 4 tahun yang masih disuapi, kita bisa menerapkan peraturan makan di meja makan dengan menyuapi sambil duduk. Kita tidak bisa mengharapkan terlalu muluk juga jika anak akan duduk tenang dan menghabiskan makanannya, paling tidak anak sudah tahu bahwa makan harus di meja makan. Peraturan yang lebih sederhana seperti mencuci tangan sebelum makan, tidak boleh membuang makanan, tidak boleh membawa mainan/buku selama makan dan selalu mengucapkan kata “tolong” atau “terima  kasih”, bisa diterapkan buat anak yang sudah bisa makan sendiri di meja makan.

 

Bagaimana caranya agar anak betah duduk manis sambil menghabiskan makanannya di meja makan? Terkadang beberapa orangtua menyerah karena membutuhkan waktu yang cukup lama jika anak makan sendiri di meja makan. Bisa kok Mom, asal orangtua sabar dan selalu mengulang aktivitas makan di meja makan, jadi anak akan terbiasa. Ingat pepatah “asa bisa karena biasa”. Memang akan membutuhkan proses dan kesabaran dari kita untuk membiasakannya. Jika kita sudah selesai makan tetapi anak belum selesai, kita bisa menunggunya sambil mengobrol dengan keluarga yang juga sudah selesai makan. Tidak meninggalkan si kecil makan sendiri di meja makan akan lebih baik. 

 

Kita juga bisa menceritakan cerita menarik tentang kegiatan makan bersama keluarga di meja makan. Cara lainnya adalah dengan bermain bersama anak dengan bermain sandiwara menghadiri jamuan makan malam.

 

Jangan lupa memberikan apresiasi kepada anak, misalnya berupa pelukan/ciuman ketika anak berhasil menghabiskan makanannya dengan duduk manis di meja makan.

Yeni Setiyawati
Terimakasih tipsnya sangat bermanfaat
Diana Itjin
Bermanfaat banget infonya
Explore More

Tanda Anak Sakit

Article- 24 Mar 2015

TIPS menghadapi sekolah baru

- 07 Aug 2012

Tips Mengembangkan Kreativitas Anak

Article- 28 May 2014