Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengasah Kemampuan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus

Banyak orang yang masih menganggap anak berkebutuhan khusus sebagai kelainan langka, padahal kenyataannya ini adalah kondisi genetik paling umum. Salah satunya adalah down syndrome yang biasanya mengalami keterlambatan motorik dan bahasa. Tapi ini bukan jadi alasan utama bagi Mom untuk menarik anak dari pergaulan. Yuk asah kemampuan sosialnya dengan cara-cara berikut ini.

Featured Story

Pentingnya Stimulasi Empati

  1. Mengatur Playdate
  2. Anak berkebutuhan khusus biasanya memiliki kesulitan untuk memulai berteman, terutama dengan teman sebayanya. Mom dapat membantu mempertemukannya dengan anak-anak lain lewat playdate. Sertakan permainan pasif atau aktifitas berulang seperti menumpuk blok atau mengelilingi taman bermain beberapa kali. Interaksi sosial ini membantu anak-anak dengan down syndrome untuk belajar berbagi dan bermain secara harmonis.

  3. Pertimbangkan Lokasinya
  4. Lokasi playdate akan digelar perlu mendapatkan perhatian khusus. Pertimbangkan untuk memilih tempat yang simpel dan memudahkan anak untuk beradaptasi. Selain itu, sebaiknya pilih yang tidak terlalu ramai atau kurang ramah bagi anak.

    Tapi Mom perlu ingat untuk tidak terlalu membatasi anak berkebutuhan khusus untuk mencoba apapun, termasuk permainan fisik yang digelar di alam terbuka. Dorong ia untuk ikut kelompok menari, bermain bola, naik sepeda, atau berenang untuk mengasah kemampuan motoriknya, sekaligus melebarkan pergaulannya.

  5. Batasi Jumlah Orang yang Akan Bertemu
  6. Anak berkebutuhan khusus sering merasa kewalahan jika harus bertemu dengan banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Sebaiknya batasi jumlah orang yang akan bertemu saat playdate. Biarkan anak berinteraksi dengan sedikit orang yang membuatnya merasa senang dan santai. Agar playdate terasa lebih fun, berikan permainan yang melibatkan anak dengan teman sebayanya, seperti bermain peran atau memanfaatkan papan permainan.

  7. Jangan Memaksakan
  8. Terkadang Mom gemas melihat lambatnya anak untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Beri mereka waktu untuk beradaptasi dan hindari untuk memaksakan atau terlalu banyak mengkritiknya. Jangan lupa untuk memberikan pujian atas usaha sekecil apapun yang ia lakukan, agar ia tidak mudah menyerah, meningkatkan kepercayaan diri, dan menjauhkannya dari minder.

    Selain cara-cara di atas, Mom dapat terus mengasah kemampuan dan pengetahuannya, sehingga memperluas kesempatannya untuk bersosialisasi dengan orang-orang baru. Selamat mencoba!

Lo Lie Cu
makasih tipsnya
Lo Lie Cu
makasih tipsnya
Explore More

Anak Terpisah di Tempat Umum? Ajarkan Ini...

Article- 22 Nov 2017

Trik Mengajarkan Anak Bahasa Asing di...

Article- 27 Feb 2017

Tips Bangun Kepercayaan Diri pada Anak

Article- 10 Nov 2017