Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengistimewakan Setiap Anak

Sekarang banyak Sekolah Dasar yang secara rutin menyelenggarakan kegiatan menarik disetiap akhir tahun ajaran. Bersamaan dengan pembagian buku laporan pendidikan para siswanya, sekolah tersebut membagikan tanda prestasi khusus atas kelebihan yang dimiliki anak.

Featured Story

Apakah Si Kecil Sudah Termasuk Anak yang Prososial?

 



Tanda penghargaan biasanya berupa piagam cantik berisikan pujian atas salah satu jenis kemampuan teristimewa yang dimiliki anak. Yang unik adalah semua siswa berhak memperolehnya, karena ternyata dengan pengamatan dari para pengajar, selalu bisa ditemukan setidaknya satu kelebihan yang ada pada diri masing-masing anak.

 


Pastinya jenis prestasi khusus tersebut menjadi begitu banyak ragamnya. Ada siswa dengan prestasi pandai membaca, menari, menyanyi, berbahasa asing, bercerita dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan materi pembelajaran anak. Ada juga yang meraih prestasi dalam bidang kelakuannya, seperti selalu datang pagi atau tidak pernah telat, paling rajin, paling bersih dan tertib, dan lain sebagainya.

 


Hebatnya para pengajar atau guru hampir tidak pernah kesulitan utnuk membagikan tanda prestasi ini, karena selalu bisa menemukan kelebihan pada diri tiap anak. Hal pemberian tanda prestasi tersebut dimaksudkan agar anak-anak selalu termotivasi untuk melakukan hal-hal positif yang dapat membantu perkembangannya. Akan sangat bermanfaat jika orangtua bisa sesegera mungkin menemukan keunikan dan kelebihan pada diri masing-masing putra-putrinya dan meniru bentuk penghargaan ini dengan cara Mom sendiri.

 



Mom bisa membuat penghargaan setiap akhir tahun kepada setiap anak, misalnya: anak penurut tahun ini, anak penghibur tahun ini, anak tercepat bangung tidur. Melalui penghargaan ini, anak akan merasakan pengakuan serta apresiasi secara nyata. Lalu piagam tersebut dapat dipajang pada dinding kamar anak, sehingga rasa percaya diri anak pun akan meningkat. Mom pun bisa menciptakan istilah sendiri yang unik dan non-formal sehingga anak akan tersenyum sendiri melihat piagam tersebut.

 



Dengan mengetahui kelebihan masing-masing anak, orangtua akan menjadi lebih mudah untuk mengarahkan dan mengembangkannya. Tidak lupa kita harus memberikan fasilitas dan sarana untuk mengembangkan kelebihan anak sesuai bidangnya. Selain itu tidak membandingkan antara satu anak dengan anak yang lain adalah bijaksana. Karena tiap anak memiliki keistimewaannya sendiri.

Siti Rosyana
Makasi..nanti akan saya coba terapkan utk sikecil
Nurul Hidayah
info yg sangat bermanfaat. mksh
Explore More

Mengajarkan Anak Menjalin Pertemanan

Article- 06 Jan 2017

Seni Bicara Dengan ABG

- 21 Sep 2012

Menabung, Yuk!

Tips & Trick- 26 Jul 2016