Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Menjaga Komunikasi Dad Dengan Anak Perempuan

 

Featured Story

Jurus Anti Bully

Ketika seorang anak hadir dalam keluarga, keadaan menjadi lebih ramai serta penuh kebahagiaan. Sebagai orangtua, Mom dan Dad pun mempunyai tanggung jawab besar untuk menjaga sekaligus mendidik anak perempuan ini dari kecil hingga dewasa. Namun seiring dengan berjalannya waktu, komunikasi antara Dad dengan anak perempuannya menjadi kurang mulus. Ketika dia mulai besar, perbedaan gender ini suka menimbulkan friksi. Anak perempuan Dad yang kecil mungil telah tumbuh menjadi ABG (anak beranjak gede). Mulai dari gaya bicaranya yang mengikuti tren terkini hingga gaya dandan yang centil. 

Hubungan antara Dad dengan anak perempuan, mempunyai keunikan tersendiri. Sebagai seorang laki-laki, Dad adalah sosok pahlawan dan panutan bagi anak perempuan dan mempunyai peranan penting dalam pembentukan karakter anak perempuan.  Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Child Psychology and Psychiatry, para peneliti di Universitas Oxford mempelajari 192 keluarga yang direkrut dari dua unit Rumah Bersalin di Inggris untuk melihat apakah ada hubungan antara interaksi Dad –anak pada periode awal anak dengan perilaku anak. Hasil penelitian menunjukan  anak-anak yang mempunyai interaksi tinggi dengan Dad, mempunyai lebih sedikit masalah perilaku ketika dia beranjak remaja. Sedangkan  anak-anak yang dad nya kurang perhatian, cenderung memiliki masalah perilaku yang lebih besar, "jelas Dr. Ramchandani, seorang peneliti dan psikiater klinis, yang bekerja di Akademik Unit Psikiatri Anak dan Remaja, Departemen Kedokteran, Imperial College London.

 

Kedekatan hubungan antara dad dengan anak perempuan nya akan membentuk karakter anak perempuan yang percaya diri, berkarakter, dan berani membuat pilihan.

 

Meski tidak ada rumusan pasti dalam menciptakan hubungan harmonis antara dad dan anak perempuan, berikut beberapa hal yang bisa mom sarankan kepada dad untuk memperlancar komunikasi antara dad dan anak perempuan nya:

 

1. Perlakukan anak perempuan mom dan dad sesuai dengan umurnya

 

Jangan mengingat dia sebagai sosok gadis manis yang bisa di cium serta peluk terus menerus. Karena dia telah tumbuh menjadi ABG dan disinilah peran mom dan dad dalam membentuk karakternya. 

 

2. Luangkan waktu untuk bicara dengannya, setiap hari

 

Terkadang karena jarangnya komunikasi antara dad dengan anak, seringnya pertanyaan dad tidak relevan dan di anggap oleh anak, dad tidak keren dan sok tau. Lebih baik sempatkan waktu untuk bertanya kabar terbaru hari ini atau sekedar menyapa iseng lewat pesan pendek di handphone sehingga keakraban terjadi setiap hari.

 

 

3. Hindari nada tinggi jika Dad emosi

 

Api dilawan dengan api tidak akan padam, namun jika api dilawan dengan air, api cepat padam. Sama halnya jika dad memberi tahu dengan nada tinggi dan emosi, anak perempuan menjadi sensitif dan memberontak. Dia akan lebih bisa diberi tahu dengan nada tenang, sehingga di matanya Dad laki-laki berwibawa.

 

4. Didik anak perempuan Mom dan Dad dengan kebebasan yang terarah 

 

Membiasakan dia untuk bebas memilih namun senantiasa memberi tahu konsekuensi atas pilihannya, akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Karena dengan berani memilih, maka dia secara tidak langsung belajar sebab akibat.

 

5.  Tunjukkan bahwa Dad selalu menghormati perempuan

 

Jika anak gadis Mom dan Dad melihat bahwa Dad selalu menghormati perempuan dalam setiap aspek kehidupan, maka dalam benaknya akan terbentuk konsep bahwa perempuan sepantasnya dihargai oleh laki-laki.

 

6. Ekspresikan rasa cinta Dad kepada anak perempuan 

 

Walau tidak semua laki-laki mampu mengekspresikan perasaan cinta kepada perempuan, namun Mom bisa membantu Dad untuk bisa mengungkapkan rasa sayangnya kepada anak perempuan dengan memberikan contoh tindakan. Misalnya mengelus kepala, bercanda, memasakkan makanan favorit, membersihkan kupingnya hingga bermain game bareng. Ketika anak merasakan cinta tulus dari Dad, dia akan tumbuh dalam rasa aman dan berkecukupan akan rasa cinta.

 

7. Ajari anak perempuan Mom dan Dad "konsep diri"

 

Menjaga dan mendampingi anak selama 24 jam hampir tidak mungkin. Maka bekalilah dia dengan konsep diri sehingga dia tumbuh menjadi gadis yang punya prinsip serta tidak mudah terbawa arus atau diperdaya oleh teman-temannya.

 

Uuk Ukaesih
sesibuk apapun suamiku selalu memyempatkan diri untuk berkomunikasi walaupun hanya sekedar mengucapkan selamat tidur...trims buat infonya
Maria Ulfa
thq, buat bekal nanti kl punya anak cewek :-)
Explore More

Disiplin sejak dini pada si kecil

Article- 06 Oct 2011

Mengajarkan Empati Pada Anak

- 07 Aug 2013

Trik Agar Anak Lebih Aktif dan Dinamis

Article- 04 Sep 2015