Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Menyikapi Hubungan Kakak Beradik Yang Terlalu Kompak

 

Featured Story

Menabung, Yuk!

Dari Usia 5 bulan, Mavi selalu tertawa setiap melihat muka kakak muncul didepan mata nya. Dan apapun tingkah laku kakak untuk menghibur adiknya, selalu dihargai dengan sebuah senyuman serta ketawa. Kadang bercandaan itu hanya di mengerti oleh mereka berdua.

Namun ketika sudah mulai beranjak besar, kedekatan ini mempunyai sisi positif dan negatif. Bagaimana Mom dan Dad dapat menyikapi hal ini agar menjadi positif bagi kedua nya, cobalah beberapa tips berikut:

 

1. Saat kedua nya bermain bersama, Beri masukan kepada kakak untuk membiarkan adiknya mandiri. Gunakan kalimat motivasi seperti “Kak, biarkan adik main baloknya seperti itu. Dia lagi belajar untuk menggabungkan 2 balok"

 

2. Ketika mereka sudah di usia sekolah dasar, kekompakan ini bisa berubah menjadi kenakalan bersama. Ketika di sekolah si kakak berbuat ulah, adik dengan setia akan membantu menutupi hal ini dari Mom, begitu juga dengan kenakalan adik. Di sinilah kelihaian mom dalam berbuat adil di uji.

 

3. Walau si adik belum tentu bisa mengikuti permainan kakak, namun dia seringnya ingin berbuat seperti kakak. Maka carilah bentuk permainan yang relatif aman untuk kedua nya.

 

4. Ketika kakak ingin bermain bersama teman sebaya, adik merasa tersisihkan. Berilah pengertian kepada adik, bahwa adakalnya kakak butuh waktu bermin bersama teman seusianya. Dan adik pun bisa bermain dengan teman seusianya juga. Buatlah janji bermain bersama dengan teman-teman Mom yang mempunyai anak seumur si kecil agar dia juga bisa merasakan asyiknya bermain dengan teman seusianya

 

Puji Suprihatin
tx infonya mom, artikel ini sangat bermanfaat bagiku sbg seorang bunda. kebetulan kedua anakku mengalami kekompakan dan kenakalan ke bundanya...
Uuk Ukaesih
walaupun jarak kakaknya ke adiknya 7 tahun..tapi saya bersyukur karna kakaknya bisa lebih ngemong ke adiknya...makasih buat infonya ya..
Explore More

Tips Tepat Bagi Waktu Belajar dan Bermain...

Article- 11 Mar 2018

Apa itu Alergi Cuaca?

Article- 23 Dec 2016

Menumbuhkan Empati dan Toleransi Anak

Article- 16 Feb 2016