Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Pentingnya Membacakan Cerita untuk si kecil

Ada sebuah kegiatan berkualitas antara mom dan si kecil yang sangat sederhana tapi sering terlupakan, yaitu mendongeng. Apakah mom masih ingat ketika kecil, ayah / ibu suka mendongeng tentang kisah si kancil / cerita snow shite atau kumpulan buku cerita hans Anderson? Masihkah mom ingat tentang perasaan nyaman, terbuai oleh suara ibu yang di sertai harum khas ibu ketika kita bersandar di sebelahnya? Dan betapa kita terkagum-kagum oleh keajaiban cerita yang terkandung di dalamnya? Kira – kira seperti itulah juga yang akan si kecil rasakan ketika mom mendongengkan cerita untuk dia.

Featured Story

Menumbuhkan Nilai Ketegasan Pada Anak

Bahkan ada seorang jurnalis serta pakar pendidikan Jim Trelease menyarankan untuk membacakan anak buku cerita sedini mungkin bahkan ketika si kecil masih dalam kandungan dan mom membacanya secara keras. Hal ini dia tulis dalam bukunya 'The Read Aloud Handbook' yang dipublikasikan pertama kali pada 1979.

Mom dengan kita membudidayakan kebiasan mendongeng kepada si kecil, daya khayal, imajinasi serta pembendaharaan kosa kata nya juga akan semakin bertambah. Serta si kecil juga akan bisa mengalami asiknya membaca buku, terbiasa untuk menikmati sedari kecil serta melatih membaca secara tidak langsung.

Di toko buku, terdapat beberapa jenis buku yang bisa mom cocokkan dengan usia si kecil :

  • Wordless picture book, Buku ini di buat dengan konsep tanpa kata, tetapi penuh gambar yang menarik, sehingga cocok untuk anak usia balita. Mom bisa menemukan buku ini dengan bentuk pop up juga.
  • Picture book, Buku ini popular dengan sebutan cergam atau cerita bergambar. Gambar dan ilustrasi tetap dominan namun mulai ada teks beberapa kalimat. Contoh buku ini seperti kisah karakter / tokoh terkenal anak kecil seperti princess , winne the pooh. Buku ini cocok untuk anak usia 7 hingga 9 tahun.
  • Novel, Buku ini termasuk genre fiksi (sastra anak) yang tampil dengan teks penuh dan gambar hanya sebagai ilustrasi selingan. Contohnya adalah kisah serial novel Harry Potter atau lima sekawan. Buku ini cocok untuk usia 10 hingga 12 tahun
  • Referensi, Semakin dewasa, anak membutuhkan beberapa buku refensi untuk menjawab keingintahuan dia. Seperti Seri ensiklopedia yang di bagi berdasarkan topik seperti alam, manusia, planet. Buku ini cocok untuk usia 10 hingga 12 tahun.
  • Buku Aktivitas, tersedia beragam buku aktivitas, bahkan untuk baby. Berikut beberapa contoh buku aktivitas berdasarkan usia:
      1. Usia 3 hingga 12 bulan : baby book yang terbuat dari kain, soft book yang mengajarkan anak tentang tekstur serta pengenalan nama benda dan                 bentuknya.
      2. Usia 2 hingga 3 tahun : buku mewarnai, mengajarkan anak tentang konsep warna serta memegang pensil warna / crayon
      3. Usia 3 hingga 4 tahun : buku temple dan gunting, mengajarkan kerapihan, kreatifitas, keterampilan menggunting, menempel pada tempatnya
Fifin Sonata
good artikel..
Fifin Sonata
membantu para bunda untuk lebih dekat dgn anak..maksih
Explore More

Bantu Anak Ekspresikan Cinta pada Anggota...

Article- 20 Jan 2017

Menyiapkan Menu Berbuka Puasa

Tips & Trick- 14 Jul 2015

Merencanakan Pesta untuk Anak

Article- 25 Jan 2017