Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengajak Anak Bersahabat Dengan Alam

Alam bukan saja memberi kegembiraan pada anak, tapi juga pelajaran berharga. Tanpa tambahan alat-alat permainan buatan dari plastik pun anak-anak cukup memperoleh kepuasan bermain ketika berinteraksi dengan alam. Tanah dan pasir misalnya, akan menjadi media yang tidak pernah ada habisnya membuat anak bergembira bermain. Tangan-tangan mungil mereka mengambil tanah sedikit demi sedikit, memasukkan kedalam cetakan dengan beragam bentuk, atau dengan menuangkan air sedikit demi sedikit hingga tanah bisa dibentuk dengan tangan, atau bisa juga dengan menggali tanah sedikit demi sedikit dengan tangan lalu memasukkan bibit tanaman, bahkan membangun istana dan benteng dari pasir laut.

Featured Story

Kenali dan Cegah Penyakit ISPA Pada Anak Sekarang Juga!

 

Selain alam berfungsi sebagai media permainan bagi anak-anak, ternyata masih banyak lagi manfaat lain yang tidak kalah pentingnya bagi perkembangan wawasan dan pengetahuan anak, antara lain :

 

1. Menumbuhkan empati dan kasih sayang


Misalnya dengan memelihara serta merawat tanaman dan hewan peliharaan, akan menumbuhkan empati dan rasa kasih sayang

 

2. Kreativitas

 

Contohnya adalah membuat istana atau benteng dari tanah liat dan pasir, membuat anak menjadi lebih kreatif

 

3. Membangkitkan rasa ingin tahu

 

Menemukan kehidupan cacing di dalam tanah yang anak gali, memperhatikan daun yang berubah warna ketika kering lalu kemudian mulai berguguran, bermain dengan menutup ujung selang air, semua adalah dasar-dasar ilmu pengetahuan alam yang nantinya akan mereka pelajari disekolah. Dengan memperoleh pengalaman langsung melalui alam akan membangkitkan rasa ingin tahu anak, sehingga anak termotivasi untuk belajar

 

4. Mempertebal keimanan

 

Bersahabat dengan alam akan memberi banyak kesempatan bagi anak-anak untuk menemukan kehebatan dan kesempurnaan Tuhan pencipta alam semesta.

 

Mom bisa memanfaatkan alam untuk perkembangan anak dengan sebaik mungkin, sambil berusaha menghilangkan resiko buruk yang mungkin timbul, misalnya dengan menyediakan minuman hangat dan minyak gosok untuk menghangatkan badan setelah sesekali memberi kesempatan pada anak untuk berhujan-hujanan, segera cuci tangan dan kaki setelah mereka bermain tanah, lebih baik lagi jika disediakan pasir dan tanah yang sudah disterilkan. Upaya-upaya tersebut bisa meminimakan resiko buruk yang mungkin terjadi pada anak.

Diah Pramesti
alam bukan saja media bermain dan pengetahuan tapi juga menunjukkan betapa besar keagungan Tuhan
Vonny Kurniati
banyak sekali ya manfaat alam utk anak2^^
Explore More

Liburan Sendiri Bikin Mandiri

Article- 08 Jun 2015

Nutrisi Tepat untuk Anak Aktif

Article- 04 Sep 2015

Tips Mengajarkan Anak “Siap Kalah”

Tips & Trick- 08 Dec 2014