Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Penyebab Prestasi Anak Menurun

Saat prestasi anak Mom menurun, jangan langsung memarahinya. Karena menurunnya pretasi bisa disebabkan oleh banyak hal. Mom harus memahami dahulu, apakah karena ia kurang latihan, kurang teliti, atau ada faktor lainnya. 

Featured Story

Mom, Kenapa Aku Harus Belajar?

 

Pemahaman ini penting agar Mom mengetahui tindakan apa yang sebaiknya dilakukan. Berikut adalah 5 situasi krusial yang menyebabkan prestasi anak menurun. Yuk, pahami dan benahi ya, Mom.

 

  1. Sulit beradaptasi dengan kegiatan baru

    Kemampuan adaptasi setiap anak dalam menghadapi perubahan rutinitas tak selalu sama. Ada yang cepat, ada pula yang butuh proses lebih lama. Seringkali, penurunan performa memupun prestasi anak juga bisa disebabkan oleh hal ini.

    Untuk membantunya, Mom perlu membimbing ia agar mampu mengikuti aktivitas barunya secara lebih mulus. Caranya dengan membenahi kedisiplinan belajar dan aktivitasnya sehari-hari. Misalnya, memberlakukan rutinitas makan, main, istirahat, belajar, dan tidur yang sama. Perlahan, ia pasti terbiasa dan mampu menjalaninya dengan lebih efektif. Dan kemampuan mengorganisir diri juga akan dimilikinya.

     

  2. Mendapat tuntutan berlebihan

    Segala harapan maupun tuntutan dari Mom yang tak bisa ia penuhi membuatnya terbebani. Alhasil, bukannya meningkat, performanya di sekolah malah menurun.

    Sebaiknya Mom mencari tahu apa saja yang menyebabkan dirinya tak mampu memenuhi harapan Mom. Ajak ia berdialog agar dirinya bisa menyampaikan pendapatnya. Lalu bimbing  ia mengatasi kesulitan yang dihadapinya.

     

  3. Kurang mendapat perhatian

    Naik atau merosotnya presatasi anak Mom banyak dipengaruhi hal ini. Jika kurang mendapat perhatian, anak akan merasa diabaikan dan kesepian. Kondisi ini berpotensi menjadikan anak memiliki kepribadian yang pemurung dan mudah menyerah. Dikhawatirkan, ke depannya ia mencari perhatian Mom dengan cara negatif, seperti nilai jelek, membuat ulah yang mengecewakan, dan sebagainya.

    Yuk, kaji lagi bagaimana kualitas perhatian yang Mom berikan kepadanya. Jika kurang berkualitas, sebaiknya segera benahi. Dengan perhatian yang berkualitas, kepercayaan diri anak akan berkembang dengan baik, sehingga ia berpotensi mengembangkan kemampuan terbaiknya dalam belajar.

     

  4. Rendahnya minat anak terhadap bidang tertentu

    Bagaimanapun, minat berperan besar dalam menunjang prestasi anak Mom. Jadi, wajar bila prestasi atau performanya menurun pada bidang yang kurang diminatinya. Untuk mengenali minatnya, Mom butuh waktu dalam menelusuri berbagai hal yang membuatnya semangat bereksplorasi. Atau, jangan-jangan rendahnya minat anak malah disebabkan oleh kurang menariknya cara belajar yang diterapkan.

     

  5. Kondisi kesehatan terganggu

    Apabila ia  dalam kondisi sakit, maka konsentrasinya akan buruk sehingga pelajaran tidak dapat dicerna secara maksimal. Coba cari tahu, apakah kesehatannya terganggu disebabkan kelelahan mengikuti banyak kegiatan atau karena terserang penyakit.

    Bila mengetahui anak Mom sedang sakit, segera berikan pertolongan dengan merawatnya dan memenuhi kebutuhannya akan rasa nyaman. Kenali juga sakit yang diderita anak Mom. Bila ia mengalami gelaja flu dan batuk, OBH Combi Anak Batuk Plus Flu adalah pilihan yang tepat untuk memulihkan kesehatannya secara aman dan nyaman.

Ahong Liau
Makasih infonya
Devy Listyarini
kenali lebih jauh penyebabnya
Explore More

Tips Menghindari Anak Dari Pelecehan...

Tips & Trick- 12 Sep 2013

Berbagi Tugas Saat Anak Sakit

Article- 06 Jan 2017

Tips: Mengajarkan Konsep Waktu Pada Si...

Tips & Trick- 30 Sep 2011