Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Kreativitas

Kreativitas adalah salat satu kunci sukses dan keberhasilan dalam kehidupan. Orang yang tidak kreatif, kehidupannya cenderung statis dan tidak pintar dalam menghadapi kegagalan. Maka sebaiknya sisi kreatif anak perlu digali sedari dini dengan strategi 4P: Pribadi, Pendorong, Proses, dan Produk.

Featured Story

Kenali dan Cegah Penyakit ISPA Pada Anak Sekarang Juga!

 

1. Pribadi

Mom dan Dad harus mengerti bahwa setiap anak itu spesial dan mempunyai pribadi yang berbe-da-beda. Maka kreativitas setiap anak pun juga berbeda-beda

 

2. Pendorong

Berikan dorongan yang maksimal agar motivasi diri anak timbul baik secara instrinsik dan ekstrinsik

 

3. Proses

Ketika anak nyaman dan melihat serta merasakan prasana yang lengkap maka proses kreatif itu akan timbul. Bisa berupa berkahyal menjadi penyanyi, melukis , menyusun balok atau mengarang cerita dengan mencoret -coret di kertas, gadget atau komputer. Hargai hasil karyanya dengan memajang di ruang kerja atau bingkai atau taruh sebagai hiasan dinding rumah

 

4.Produk

Setelah semua faktor di atas terpenuhi, maka produk kreatif pun tercipta. Berupa lukisan atau ke-rajinan tangan atau karangan lagu. 

 

Mom dan Dad memiliki peranan dalam memfasilitasi perkembangan kreativitas anak dan bukan-memaksakan kehendak orangtua. Misalnya jika anak terlihat berminat akan musik, dukung minat-nya dengan mencari tahu jenis musik apa yang dia sukai, alat musik apa yang dia minati atau lebih ke olah vokal. Dengan interaksi ini, hubungan Mom dan Dad dengan anak pun akan semakin akrab dan anak berkembang kreativitasnya secara maksimal dalam suasana yang penuh cinta dan kegembiraan.

Diah Pramesti
semoga berhasil dg strategi 4P: Pribadi, Pendorong, Proses, dan Produk.
Diah Pramesti
peran orang tua yg utama
Explore More

Manfaat Uang Jajan Bagi Perkembangan Anak

Article- 06 Jun 2014

Sopan Berpakaian Santun Dalam Perilaku

Article- 09 Jan 2015

Nutrisi Untuk Otak

Article- 27 Feb 2015