Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Pertengkaran Anak Terjadi Tiap Hari? Cegah dengan Solusi Jitu Ini

Kakak adik saling bertengkar itu biasa. Mungkin itu alasan yang sering keluar dari mulut Mom setiap kali mengetahui pertengkaran antar saudara hanya gara-gara berebut mainan atau makanan. Saking seringnya, situs Your Modern Family sampai mencatat adanya pertengkaran yang terjadi 3-7 kali setiap jam pada anak-anak usia 7 tahun ke bawah. Jangan biarkan suasana rumah jadi kurang nyaman, cegah persaingan antara anak-anak dengan tips-tips jitu ini.

Featured Story

Ajarkan Anak Mau Berbagi Sejak Dini

1. Luangkan Waktu Khusus dengan Setiap Anak

Setiap anak tentunya ingin mendapat perhatian yang seimbang dari orangtuanya. Sayangnya, kesibukan jadwal terkadang membuat Mom sulit memberikan kuantitas maupun kualitas waktu yang sama. Barbara Greenberg, PhD, penulis TEENAGE AS A SECOND LANGUAGE menyarankan agar orangtua menjadwalkan waktu berduaan dengan setiap anak di rumah. 

Cari cara untuk menghabiskan waktu bersama, misalnya menonton film, bermain di halaman, atau sekadar membaca buku cerita sebelum tidur. Walau tampak sederhana, cara ini bisa jadi kunci hubungan yang lebih harmonis.

2. Habiskan Quality Time Bersama Keluarga

Jadwal yang padat membuat orangtua sering kesulitan menemukan waktu menyenangkan bersama keluarga. Padahal kebersamaan yang terjalin dapat menciptakan suasana yang mampu memadamkan persaingan antar saudara kandung. Pertahankan tradisi yang dapat mengumpulkan semua anggota keluarga, misalnya sarapan bersama atau nonton film di akhir pekan yang dapat dinikmati bersama-sama.

3. Beri Ruang dan Waktu Sendiri

Walau penting untuk memiliki waktu bersama keluarga, setiap anak pun perlu ruang dan waktunya sendiri. Hal ini membuat si kecil merasa menjadi diri mereka sendiri dan mampu mengembangkan potensinya, baik saat bermain olahraga atau memainkan alat musik. Berikan mereka kesempatan untuk mengasah kemampuannya yang unik sehingga dapat mengurangi keinginan untuk bersaing dengan saudaranya di rumah.

4. Hindari Membanding-Bandingkan

Tanpa sadar, banyak orangtua yang sering membanding-bandingkan anak-anaknya. Mulai dari kecerdasan, kecantikan, hingga sifat-sifat yang dianggap berbeda satu sama lain. Padahal hal ini dapat memicu pandangan yang merusak kepribadian anak-anak itu sendiri. 

Terima mereka apa adanya sebagai hal yang akan menambah keindahan keluarga. Selain itu, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pun diharapkan dapat saling melengkapi antar anggota keluarga.

Namun, tidak jarang Mom harus memberikan perhatian lebih pada kakak atau adik karena sedang mengalami gangguan kesehatan, salah satunya gejala flu dan batuk. Berikan pengertian jika saudaranya sedang mengalami demam, hidung tersumbat, bersin-bersin, batuk, maupun sakit kepala. Jangan tunda lagi, segera berikan OBH Combi Anak yang mengandung bahan herbal alami yang sudah dipercaya dari generasi ke generasi mampu memberikan kehangatan dan kenyamanan, sekaligus memulihkan kesehatan anak.


Saatnya miliki situasi rumah yang lebih damai dengan mencegah pertengkaran antar anak dengan beberapa tips jitu ini. Selamat mencoba!

Explore More

Membuat Resolusi Bersama Anak

Article- 27 Dec 2013

Hargai Pendapat Orang Lain itu Wajib...

Tips & Trick- 15 Feb 2019

Tips Wisata Ke Luar Negeri

Tips & Trick- 27 Dec 2013