Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Semua Dimulai dari Lingkungan Keluarga

Proses belajar perilaku prososial dapat dimulai dari masa anak-anak yang dilakukan dengan cara mengajarkan empati, sharing, membantu orang lain, kompromi dan perhatian kepada orang lain.

Featured Story

Lakukan Perubahan Dimulai Dari Diri Sendiri

 

Cara bertingkah laku dan sikap orangtua dalam keluarga akan mempengaruhi suasana interaksi keluarga dan dapat mengakibatkan ciri-ciri tertentu pada perkembangan kepribadian anak. Orangtua adalah memegang peranan penting dalam pembentukan akhlak dan budi pekerti putra putrinya. Mengingat orangtua merupakan faktor penting dalam pembentukan pribadi anak maka cara yang digunakan dalam mengasuh dan membimbing anak tergantung pada sikap, pribadi dan kemampuan yang dimiliki oleh orangtua tersebut. 

 

Almira (8 tahun) ketika ikut Bundanya ke supermarket, dengan sigap menawarkan bantuannya untuk membantu  membawakan belanjaan masuk kedalam mobil, karena ia lihat Bundanya cukup repot. Aimar (5 tahun) senang sekali ikut menolong Bundanya menyapu, karena ia sering memperhatikan bibi menyapu. Kebiasaan anak-anak tersebut biasanya karena anak sering melihat orangtua melakukan yang sama terhadap orang lain.

 

Orangtua yang hangat dan mampu memberi kedekatan pada anak, anak tidak hanya akan merasa nyaman tetapi juga akan bersimpati kepada orangtuanya. Ketika anak merasa nyaman bersama orangtua dan memiliki simpati kepada orangtuanya, maka orangtua akan lebih mudah memberikan bimbingan dan mengajar perilaku prososial kepada anak-anaknya.

Sri Utami Saroh
setuju sekali, semua ilmu dan etika sebenarnya pertama kali di dapat dari keluarga, jadi kita sebagai orang tua harus pintar-pintar memberi contoh yang baik kepada anak
Sri Utami Saroh
artikel ini bisa menambah pengetahuan saya, thans min
Explore More

Bepergian Dengan Anak-anak Balita Mom...

Article- 22 Jul 2013

Cara Membaca Peta dan GPS

Article- 22 Jul 2013

Manfaat Uang Jajan Bagi Perkembangan Anak

Article- 06 Jun 2014