Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tambah Pintar dengan Berkebun!

Bingung mencari aktivitas pengisi waktu luang bersama anak? Mom bisa memilih kegiatan berkebun sebagai alternatif seru menghabiskan waktu, terutama di akhir pekan. Selain mengajarkan tanggung jawab dan menumbuhkan rasa cinta pada lingkungan, cara ini juga jadi media pembelajaran bagi anak. Yuk, dukung kecerdasannya lewat manfaat berkebun di rumah berikut ini.

Featured Story

Anak Juga Butuh Me Time Sebagai Selingan Belajar

  1. Ilmu Pengetahuan Alam

    Mulai ajak anak berkebun lewat hal kecil terlebih dahulu, seperti menyemai benih. Setelah beberapa hari, biasanya akan muncul tunas-tunas hijau. Anak-anak dapat belajar tentang biologi, misalnya mengamati siklus hidup tanaman, menyaksikan efek sinar matahari dan hujan pada pertumbuhan tanaman, serta serangga yang membantu atau merusak tanaman.

    Jika perlu dorong anak membuat catatan untuk mengetahui seberapa besar pertumbuhan yang telah dicapai. Selain itu, dukung pengamatan yang dilakukannya dengan membaca buku atau menonton video yang mengangkat topik ini.

  2. Matematika

    Tidak disangka, ada banyak matematika terlibat dalam kegiatan berkebun. Mulai dari berapa banyak benih yang perlu diletakkan dalam setiap lubang, berapa jam harus terkena sinar matahari atau berapa tinggi tanaman yang sudah dipelihara selama ini.

    Saat panen sayur pun, anak dapat dilibatkan untuk menimbang berat tomat atau berapa banyak daun bayam yang siap dipetik. Belajar matematika dengan cara ini jauh lebih menyenangkan daripada sekadar membaca buku teks atau menyelesaikan pekerjaan rumah.

  3. Seni

    Punya bakat seni harus dikembangkan sebaik-baiknya. Lewat kegiatan berkebun, anak dapat menggambar tanaman atau mungkin membuat serangkaian gambar dari sayur atau buah dari benih hingga tumbuh besar. Mom juga dapat membantunya membuat penanda tanaman dari selembar kertas, kartu, bahkan batu dengan cat warna-warni.

    Pot yang polos juga dapat dijadikan media menuangkan kreatifitas. Dukung untuk mengubahnya menjadi lebih indah dengan penambahan cat, kertas warna-warni atau hiasan lain yang bikin kebun rumah makin ceria.

  4. Bahasa

    Ada banyak jenis tanaman yang dapat Mom perkenalkan pada anak-anak. Masing-masing memiliki nama yang terkadang unik dan disertai dengan nama latin yang menunjukkan jenisnya.

    Libatkan anak untuk melihat katalog benih dan memilih tanaman yang diinginkan. Bantu dengan media penunjang seperti buku tentang berkebun. Selain itu, mendekati waktu panen, Mom dapat mengikutsertakan anak mencari resep masakan dengan menggunakan sayuran dari kebun sendiri.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari aktifitas berkebun. Yuk Mom, ajak anak untuk memanfaatkan halaman rumah sebagai kebun mini.

Yuliana Yoeli
makasih info nya
Fitriamarieindarto Goodmorning
Pasti seru
Explore More

Bila Si Kecil Mengalami Luka, Apa yang...

Tips & Trick- 08 Dec 2015

Anak Supel Rentan Gangguan, Dorong untuk...

Article- 23 Nov 2017

Referensi Buku Seputar Pendidikan Seks...

Article- 07 Jun 2013