Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Mengatasi Anak yang Melakukan Kesalahan Berperilaku

Terkadang orangtua merasa malu pada saat anaknya melakukan kesalahan dalam berperilaku, misalnya marah dimuka umum karena tidak dibelikan sesuatu yang anak inginkan. Beberapa orangtua akan terbawa emosi pada saat orang lain mentolerir permasalahan tersebut, sebab ada banyak orang disekelilingnya.

Featured Story

10 Ide Untuk Akhir Pekan Seru di Sekitar Rumah

 

Beberapa tips dibawah ini mungkin dapat dijadikan acuan dalam mengatasi anak yang melakukan kesalahan dalam berperilaku :

 

Bertindak dengan segera

Ketika anak mulai rewel dan marah karena keinginannya tidak terpenuhi, sebaiknya orangtua jangan diam saja, lebih baik jika kita mengalihkan perhatian anak kepada hal lain. Misalnya anak ingin sepatu, padahal kita tidak ada rencana untuk membelikan sepatu, kita bisa mengalihkan anak ketempat lain seperti ke toko buku.

 

Melihat dan mendekat kepada anak

Dengan melihat dan mendekat kepada anak, anak bisa mengetahui bahwa orangtua memperhatikan apa yang menjadi keinginan anak.

 

Menunjukkan raut muka tanda tidak setuju

Anak sangat peka dengan mimik muka orangtuanya. Ketika Mom atau Dad  menunjukkan mimik muka tidak setuju, anak akan dapat mengerti bahwa orangtuanya tidak setuju.

 

Mengatakan apa yang kita inginkan dengan jelas

Misalnya “Kakak, hari ini kita ke mall bukan untuk membeli sepatu, kita ke mall karena mencari buku keperluan Kakak, jadi Bunda tidak akan membelikan Kakak sepatu”

 

Berbicara dengan lembut dan tenang

Saat anak mulai rewel atau marah, kita dapat mendekatinya, berusaha berbicara dengan tenang dan lembut yang dapat menenangkan kelakuan anak. Jika orangtua terpancing malah ikut terbawa emosi dengan memarahi anak, anak biasanya akan bertambah rewel dan marah. Kita malah jadi perhatian orang disekeliling kita.

 

Memberi apresiasi ketika anak dapat menunjukkan perilaku yang tepat

Jangan lupa Mom, ketika anak dapat meredam marah dan rewelnya, tidak ada salahnya kita memeluk anak atau menciumnya, jadi anak tahu bahwa orangtuanya sangat senang atas perilakunya.

Sri Utami Saroh
Oke banget tipsnya, yang terpenting tidak langsung memarahi anak, supaya anak tidak merasa katakutan pada orang tuanya sendiri
Sri Utami Saroh
Thanks tipsnya min
Explore More

Menghadapi si Pemilih Makanan

Tips & Trick- 06 May 2015

Mendampingi Proses Belajar Si Buah Hati

Article- 05 Aug 2015

Gaya Bicara Anak Seperti Orang Dewasa?...

Article- 09 Jan 2018