Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tujuan Favorit Liburan Akhir Tahun

Berlibur bareng keluarga di akhir tahun menjadi pilihan banyak keluarga dikarenakan Dad Lebih mudah mengajukan cuti di saat akhir tahun dan setiap hotel serta tujuan wisata menawarkan hiburan akhir tahun yang spektakuler. Untuk referensi liburan, berikut beberapa pilihan kota serta kegiatan liburan yang mom bisa lakukan :

 

 

1. Yogyakarta

 

Kota pelajar ini mempunyai daya pikat yang besar bagi wisatawan lokal. Ada banyak tujuan yang bisa dilakukan. Lokasi favorit sebagian wisatawan adalah jalan Malioboro, dimana berbagai kuliner khas Jogja tersebar di sepanjang jalan hingga larut malam dan beragam kerajinan khas Jogja juga di jajaran dengan harga yang bisa di tawar.

 

Ingin menikmati desiran ombak serta pasir putih ? Arahkan kendaraan Mom ke sebelah selatan Jogja. Yang terdekat adalah Pantai Parangtritis dengan pemandangan pantai pasir putih, Mom bisa  menyusuri pantai dengan bendi atau ATV. Terdapat berbagai pantai-pantai alami di Parang tritis, antara lain Pantai Siung, Pantai Sadeng, dan Pantai Wediombo. Setiap pantai Siung mempunyai keistimewaan seperti Pantai Siung memiliki 250 jalur panjat tebing atau Pantai Wediombo menawarkan kegiatan memancing ikan dari tebing.

 

Satu lagi kegiatan yang wajib dicoba, Sandboarding. Olahraga berseluncur di padang pasir dengan  menggunakan papan. Adalah Gumuk pasir Parangkusomo yang menjadi lokasi kegiatan alternatif yang menantang ini dimana istilah gumuk sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya gundukan atau sesuatu yang menyembul dari  permukaan yang datar. Proses pembentukan gumuk ini tak bisa lepas dari adanya keberadaan Gunung Merapi, Merbabu, Kali Opak, Kali Progo, dan Pantai Parangtritis. Partikel pasir yang membentuk gumuk berasal dari materi vulkanik gunung berapi yang dibawa oleh aliran sungai menuju laut di Pantai Selatan. Sesampainya di muara, material vulkanik tersebut dihantam oleh gelombang Samudera Hindia yang kuat. Material tersebut kemudian mengalami penggerusan hingga berubah menjadi butiran-butiran pasir yang sangat halus membentuk gumuk.

 

 

2. Bali

 

Pulau dewata yang cantik ini, selalu menggoda hati untuk dikunjungi. Terutama di momen spesial seperti tahun baru. Di mulai dari kegiatan berlibur sambil mengenal binatang dan alam sekitar, Bali Safari and Marine Park bisa menjadi tujuan pertama. Berlokasi di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra dengan jarak tempuh 17 km dari Denpasar, kawasan yang dibangun diatas lahan seluas 40 hektar, menyajikan pemandangan unik kehidupan satwa liar di habitat aslinya dengan kebudayaan masyarakat Bali. Terdapat 80 spesies satwa langka dan 400 ekor satwa dari Indonesia, India, dan Afrika. Ingin tidur di hutan dengan servis bintang lima? Cobalah menginap di Mara River Safari Lodge. Alternatif wisata kebun binatang ada di daerah Sukawati dengan perjalanan sekitar 25 menit dari Denpasar. Adalah Bali Zoo Park yang menawarkan pemandangan indah serta beragam spesies burung termasuk burung Jalak Putih.  Atau ingin melihat lumba-lumba di alam bebas? Kunjungilah Pantai Lovina di Buleleng, bagian utara Bali. Diperlukan waktu tempuh 3 jam dari Denpasar untuk menuju ke sini dan waktu terbaik untuk menikmati atraksi lumba-lumba adalah ketika matahari terbit, maka sebaiknya menginaplah semalam di area ini.  

Setelah puas menikmati kehidupan binatang dan alam, saatnya menikmati kelezatan makanan dari laut (seafood) di pantai jimbaran. Mulai dari udang Lobster yang besar, ikan laut hingga kerang tersedia dengan beragam piihan bumbu. Ajak anak mom untuk mengenal Bali lebih dalam di Garuda Wisnu Kencana (GWK). Berjarak tempuh 10 menit dari bandara atau 25 menit dari Kuta, GWK menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dari atas tebing. Seni aristektur tinggi serta pahatan dari para seniman Bali berpadu dengan sajian tari kecak khas Bali.

Sebelum pulang, mampir dulu ke pasar seni Sukawati yang berada di Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Dari kuta, diperlukan waktu 30 menit untuk menuju lokasi. Sesampainya di sana, mom bisa belanja segala kerajinan tangan khas Bali seperti kaos barong, gelang etnik, kalung kerang, tas pesta hingga lukisan panorama Bali. Keluarkan segala jurus menawar mom untuk mendapatkan harga terbaik.

 

3. Kepulauan Karimun Jawa

 

Salah satu kepulauan yang menawarkan pemandangan alam menawan adalah Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Perjalanan ke Kepulauan Karimun Jawa bisa dari Pelabuhan Jepara (Pantai Kartini) dengan menggunakan kapal cepat. Ada KMC Kartini, Kapal cepat expres bahari, atau  KMP Muria dengan jarak tempuh 6 jam. Segala lelah terbayar ketika melihat keindahan pulau-pulau di sana. Pulau-pulau kecil dengan pantai berpasir putih dan area yang menarik untuk diving/snorkeling, membuat Karimun Jawa menjadi tempat yang layak dikunjungi bagi para pecinta wisata bahari. Seperti Pulau Cilik yang dihiasi oleh burung camar dan air yang jernih beserta ikan-ikan badut yang pemalu atau nikmati terumbu karang foliase berbentuk daun cantik di antara hamparan staghorn coral di perairan Pulau Menjangan Kecil. Dan jika mom hanya ingin sekedar bermain air di pantai, tunggu hingga waktu matahari terbenam dan nikmati cahaya lembayung senja yang menutup hari dengan indahnya.

Vonny Kurniati
Bali selalu jadi favorit, meski bukan utk liburan akhir tahun :D
Stefani Arman
Masih banyak kota2 indah di Indonesia seperti Makasar ataupun Lombok :)
Explore More

Agar Anak Sehat Bersekolah

Article- 05 Aug 2015

Yuk, Jaga Kualitas Tidur Anak

Article- 16 Mar 2015

Bantu-Bantu, Yuk…

Article- 26 Jul 2016