Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Ini untuk Jauhkan Anak dari Flu

Perubahan cuaca yang tiba-tiba sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan pada anak. Memiliki pola makan yang sehat dan seimbang ternyata bisa jadi tameng ampuh untuk mencegah flu dan batuk. Caranya cukup mudah, Mom bisa memberikan makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi berikut ini yang efektif meningkatkan kekebalan tubuh.

Featured Story

Bolehkah Anak Bermain Hujan?

  1. Vitamin C
  2. Nutrisi penting ini bisa ditemukan dalam stroberi, jeruk, kentang, paprika, dan sayuran berdaun hijau. Selama bertahun-tahun, vitamin C dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh dari gangguan penyakit flu. Sebelum memberikan suplemen yang banyak dijual di pasaran, ada baiknya menjajal sumber vitamin C alami yang rasanya disukai anak-anak. Olah buah-buahan kaya vitamin C seperti jambu, jeruk atau mangga menjadi smoothie maupun salad yang lezat.

  3. Vitamin E
  4. Vitamin E dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindunginya dari radikal bebas. Jadi, tidak ada salahnya menyertakan bahan makanan yang menjadi sumber vitamin E ke dalam pola makan sehari-hari, untuk menjaga kesehatan anak. Nutrisi yang larut dalam lemak ini dapat dengan mudah ditemukan dalam susu, minyak biji bunga matahari, minyak jagung, minyak kedelai, alpukat dan telur.

  5. Beta Karoten
  6. Ubi jalar, wortel, bayam, dan melon merupakan sumber dari beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Nutrisi inilah yang menjadi kunci penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Ada berbagai buah atau sayuran berwarna oranye atau kuning yang bisa Mom berikan sebagai menu sehari-hari. Misalnya menambahkan kentang goreng pada sajian makan malam, menyertakan irisan melon untuk sarapan atau mencincang wortel dan menyembunyikannya dalam saus pasta yang lezat.

  7. Zinc
  8. Punya manfaat yang hampir sama dengan vitamin C, Zinc dapat mencegah penyakit flu atau batuk, sekaligus mempercepat pemulihan kesehatan tubuh anak. Daripada tergantung pada suplemen, lebih baik memenuhi kebutuhan nutrisi lewat bahan-bahan alami. Zinc dapat dengan mudah ditemukan dalam daging, ikan, kerang, unggas, produk susu, kacang-kacangan dan biji-bijian.

  9. Probiotik
  10. Diulas di situs The University of Tennessee Medical Center, penelitian terbaru menunjukkan probiotik mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Teorinya, bakteri sehat yang ditemukan dalam probiotik efektif menjaga kesehatan saluran pencernaan dari kuman penyebab penyakit.

    Tidak sulit menemukan produk-produk fermentasi. Mulai dari yogurt yang dapat digunakan untuk berbagai sajian, hingga kefir yang merupakan sumber makanan probiotik yang baik. Selain disantap langsung, Mom juga bisa mengolah yogurt atau kefir menjadi menu yang disukai anak-anak. Mulai dari smoothie, saus salad, bahkan menjadi bahan masakan dari sup hingga cake manis dan sehat.

    Mom mana yang rela melihat anaknya bolak-balik terserang penyakit flu dan batuk? Yuk, lindungi kesehatannya dengan memberikan pola makan yang sehat dan mengandung nutrisi-nutrisi yang ampuh tingkatkan kekebalan.

Widia Purnawita
Info yang bermanfaat, terima kasih :)
Sri Maryati
Wah artikel yg mfnarik ssngat bermanfaat pula
Explore More

Menjaga Anak Tetap Sehat

Article- 23 Dec 2016

Belajar Lewat Aplikasi Smartphone, Yuk!

Article- 26 Jul 2016

Tanda-tanda Anak Sehat

Article- 25 Jan 2017